22 Jul 2019 13:55

Agustus Rastra Dihilangkan, Ini Penggantinya

Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Mulai Agustus Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kabupaten Kepulauan Sangihe sudah tidak lagi menerima bantuan beras pra sejahtera (Rastra). Bantuan dimaksud telah alihkan dalam bentuk bantuan non tunai.

 

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Sosial Sangihe Tadjudin Sainkadir. Karena sudah beralih ke bantuan non tunai, dijelaskannya setiap kampung di Sangihe harus memiliki warung elektronik untuk melakukan transaksi bantuan non tunai. “Jadi mulai bulan depan kita sudah tidak lagi mendistribusikan rastra. Karena telah dialihkan menjadi bantuan non tunai,” ungkapnya.

Lanjutnya, beralihnya rastra ke bantuan non tunai selain efektif dan efisien karena sudah tidak lagi menunggu distribusi dari pihak Bulog. Juga tak ada lagi oknum yang memainkan rastra untuk keuntungan sendiri.

“Nanti akan disosialisasikan kepada masyarakat seperti apa mekanisme bantuan non tunai. Termasuk penggunaannya lewat warung elektronik,” kata Sainkadir.

Sementara untuk mekanisme bantuan non tunai, menurut mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sangihe, rumah tangga sasaran nantinya akan diberikan kartu khusus. Untuk dibelanjakan pada warung elektronik yang telah disiapkan.

Hanya beras dan telur, dengan batas jumlah yang dibelanjakan Rp 110 ribu per bulan. “Untuk bantuan non tunai tidak hanya beras. Tapi disediakan juga telur. Tinggal tergantung warga yang membutuhkannya,”jelasnya.

Terkait ketersediaan warung elektronik, menurut Sainkadir akan disediakan bank penyalur. Dalam hal ini Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang juga akan melakukan seleksi atau menunjuk siapa pengelola warung elektronik tersebut.

“Sebetulnya kami berharap warung elektronik dapat menggunakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hanya saja untuk saat ini BUMDes belum semuanya ada. Sehingga BRI yang akan menyediakan warung elektronik,” pungkas Sainkadir.(wan/gel)









Komentar