20 Jul 2019 18:19

Sistem Bank Mandiri Error, Ketua Ikadin: Alasan Saja

MANADOPOSTONLINE.COM—‘Hilangnya’ uang pada nasabah Bank Mandiri, membuat Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Posbakum Sulawesi Utara, angkat bicara.

Ketua IKADIN Sulut Adv EK Tindangen SH menyampaikan permasalahan yang terjadi di Bank Mandiri, dimana saldo uang yang ada pada sejumlah nasabah yang hilang, harus diganti.

"Jangan berdalih, bahwa sistem sedang error. Itu hanya alasan saja. Bank harus patuh pada undang-undang RI tentang Perlindungan Konsumen," kata Tindangen, Sabtu (20/7).

Dijelaskannya, IKADIN Sulut merupakan Organisasi Advokat pada Dewan Pimpinan Daerah Sulut yang terpanggil membentuk Divisi Perlindungan Konsumen dalam hal membantu Masyarakat dalam Perlindungan dan Penyelesaian Sengketa Konsumen.

"Itu sesuai amanah Undang Undang RI No 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum dan Undang Undang RI No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Jadi Bank Mandiri jangan menjadikan sistem error menjadi alasan," tegasnya.

Menurutnya, jika bank Mandiri enggan untuk mengganti saldo nasabah yang hilang atau berkurang, pihaknya akan membuat laporan.

"Yah, kalo mereka (Bank Mandiri) tidak mau pertanggung jawabkan dengan mengganti saldo dari konsimen yang hilang atau berkurang, maka kami akan seret ke 'Meja Hijau' Pengadilan sesuai Laporan pengaduan Konsumen kepada kami Divisi Perlindungan Konsumen Posbakum Ikadin Sulut," tegasnya.

Sebelumnya, pihak Bank Mandiri pada akun instagramnya sudah melakulan presscon dan menyatakan pihak bank sedang melakukan perbaikan sistem. Sehingga sekarang menurut mereka, sistem sudah berjalan dengan baik dan seluruh layanan sudah pulih.(mpo)









Komentar