19 Jul 2019 10:52

288 Randis di Kotamobagu Menunggak Pajak

Ilustrasi randis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 288 Kendaraan Dinas (Randis) milik Pemerintah Kota Kotamobagu menunggak pajak. Hal ini dikatakan Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Samsat Kotamobagu Lendy Daud, melalui Kepala Seksi Penetapan Pajak dan Retirbusi J W Soemanta.

Dia membeber, kendaraan yang menunggak pajak, untuk roda dua sebanyak 240 unit, dan roda empat sebanyak 48 unit. "Jumlah kendaraan yang menunggak sejak tahun 2017 hingga 2019. Sampai saat ini belum ada realisasi pembayaran pajak dari sejumlah kendaraan tersebut," ungkapnya.

Akibat keterlambatan pembayaran pajak kendaraan ini kata Soemanta, berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Kami berharap hal ini diselesaikan secepatnya. Karena pembayaran pajak ini merupakan PAD. Jika seperti ini tentu berpengaruh pada PAD," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut,  Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan menerangkan, sudah memerintahkan untuk menarik randis yang belum membayar pajak. "Yang tidak bayar pajak akan ditarik, dan ada sanksi yang disiapkan," tegas wawali.

Menurut wawali, belum dibayarkan pajak randis milik Pemkot Kotamobagu bukan kesengajaan. Karena anggaran pembayaran pajak sudah tertata.

"Jangan juga hanya pemberitahuan lewat surat yang dilakukan oleh Samsat. Akan tetapi harus juga konfirmasi, apakah sudah sampai surat pemberitahuannya atau belum," tandasnya.(tr-06/ite)









Komentar