19 Jul 2019 10:17

Genjot Penyusunan APBD Berdasarkan Permendagri 33

Sekkab Minut Jemmy H Kuhu didampingi Kaban Keuangan Petrus Macarau memberikan materi saat sosialisasi penyusunan APBD, kemarin.(Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) harus berpedoman pada Permendagri Nomor 33 tentang Pedoman Penyusunan APBD tahun 2020. Hal tersebut diungkapkan Sekkab Minut Ir Jemmy Kuhu MA saat membuka sosialisasi sekaligus sebagai pembawa materi Sosialisasi Permendagri Nomor 33 Tahun 2019, di Sutan Raja Hotel Kalawat, Kamis (18/7) kemarin.

Dikatakan Kuhu, kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada Kepala OPD dan Bagian Program terkait Penyusunan APBD Tahun 2020 di lingkungan Pemkab Minut.

“Permendagri ini penting dipahami dalam rangka mempersiapkan penyusunan APBD Tahun 2020 yang baik dan sesuai aturan,” kata Kuhu.

Lanjutnya, Pedoman Penyusunan APBD ini ditetapkan setiap tahun oleh Permendagri sebagai petunjuk dan arah bagi pemerintah daerah dalam penyusunan, pembahasan dan penetapan APBD.

Ia juga mengingatkan untuk menyelesaikan semua tugas yang belum dituntaskan setiap OPD untuk secepatnya diselesaikan sesuai waktu yang sudah ditetapkan.

Ditambahkan Kaban Keuangan Petrus Macarau SE, Permendagri ini menegaskan lima program prioritas pemerintah pusat yang harus diperhatikan.

"Kelima program prioritas ini yakni pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, infrastruktur dan pemerataan wilayah, nilai tambah sektor riil, industrialisasi dan kesempatan kerja, ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup. Dan stabilitas pertahanan dan keamanan," pungkasnya.(ria)









Komentar