17 Jul 2019 15:00

Trail Adventure 2019 Buka Rangkaian Festival Danau Moat 2019

Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Ir. Muhammad assegaf melepas peserta trail adventure didampingi Kepala Dinas Pariwisat M. Rizky Lamaluta.

MANADOPOSTONLINE.COM--Pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Parawisata (Dispar) Boltim, hari ini membuka rangkaian kegiatan event festival Danau Mooat 2019. Pembukaan ditandai dengan pelepasan garis star kegiatan trail adventure dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang ke-11, yang dibuka oleh Sekretaris daerah (Sekda) Boltim, Ir. Muhammad Assagaf.

Sekda Boltim menuturkan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan, baik wisman maupun domestik dengan memperkenalkan potensi wisata alam yang ada di Kabupaten Boltim, melalui langkah pemerintah dengan melaksanakan event seperti FDM.

"Disamping itu, diharapkan dapat memberikan dampak yang baik dalam peningkatan pendapatan daerah khususnya dari sektor pariwisata" kata Sekda dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dispar Boltim Rizky Lamaluta juga mengatakan kegiatan ini dilakukan sesuai Undang Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan. Dan keputusan Bupati Bolaang Mongondow Timur nomor 162 tahun 2019 tentang penetapan panitia pelaksana Festival Danau Mooat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

"Maksud dan tujuan dari kegiatan ini, adalah bentuk kreativitas dan inovasi pemerintah sebagai salah - satu bentuk media promosi dalam peningkatan pengembangan promosi pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada peningkatan perekonomian Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga sebagai dampak peningkatan ekonomi masyarakat," jelas Rizky Selasa (17/07)

Peserta pada kegiatan Trail Adventure terbuka untuk umum, yang terdiri dari rider lokal maupun rider yang datang dari luar daerah .

"Kegiatan trail adventure dilaksanakan pada hari ini di kecamatan Tutuyan  menyusuri wilayah perkebunan desa Tutuyan sampai desa Paret dan kembali ke desa Tutuyan. Kita targetkan seribu peserta. Saat ini ada sekitar 800 peserta, nantinya peserta lain dari luar daerah akan hadir juga. Jadi kemungkinan capai 1000 peserta. Jarak intasan sekitar 60 Kilometer (Km)," jelas, Rizky kepada media ini

Sumber dana berasal dari APBD Boltim, tahun 2019 melalui RKA Dinas Pariwisata Boltim. "Anggarannya, sekitar Rp 600 juta. Namun sebagian besar kita berikan sebagai hadiah bagi pemenang. Dan sebagian untuk dana kegiatan ini," ungkap Rizky

Pembukaan ini, ikut dihadiri oleh Wakil Bupati Boltim, Drs. Rusdi Gumalangit, Sekda Boltim, Ir. Muhammad Assagaf, serta para pejabat Eselon II, III dan IV lingkup Pemda Boltim, dan undangan lainnya.(ctr-64)









Komentar