17 Jul 2019 13:42

160 Rumah di Airmadidi Dibedah Pemerintah

Octavianus Tooy

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) di bawah kepemimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh terus bekerja maksimal mewujudkan visi dan misi mensejahterakan rakyat.

Melalui, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Minut VAP sapaan akrab bupati menggelontorkan dana Rp 1,8 miliar untuk program Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Airmadidi.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Minut Octavianus Tooy mengatakan, anggaran Rp 1,8 miliar untuk RTLH di Kecamatan Airmadidi diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) akan disalurkan.

Lanjutnya, di Kecamatan Airmadidi akan menerima bantuan RTLH sebanyak 160 unit dengan perincian untuk Desa Sawangan 82 unit, Kelurahan Airmadidi Bawah 23 unit dan Kelurahan Sarongsong II 55 unit.

Sesuai data, ada 4.003 RTLH di Minut yang perlu mendapatkan program ini, namun tahun ini hanya untuk Kecamatan Airmadidi. "Kecamatan lainnya nanti menyusul, secara bertahap di setiap desa/kelurahan setiap tahun," ujarnya.

Ditambahkan, Kepala Seksi Perumahan dan Pertanahan Terry Walewangko, nilai bantuan RTLH pada tahun ini mengalami peningkatan Rp 25 juta yang akan dibayarkan kepada buruh bangunan dari sebelumnya hanya Rp15 juta.

"Warga yang ingin mendapatkan bantuan RTLH harus mengikuti mekanisme sesuai aturan. Untuk tanah, harus milik sendiri. Biaya upah untuk pekerja juga naik menjadi Rp 17 juta hingga bangunan itu selesai," tutup Walewangko.(ria)









Komentar