16 Jul 2019 14:46

DLH Pantau Kualitas Air Sungai dan Danau di Boltim

DLH Boltim melakukan pengambilan sampel Air baku Kotabunan.

MANADOPOSTONLINE.COM--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan pengambilan sample air dalam program pemantauan kualitas air sungai dan air danau.

Dikatakan, Kepala DLH Boltim, Sjukri Tawil ada 11 titik sugai serta danau kita dilakukan pemantau serta pengambilan sampel diantaranya, PDAM Kotabuan, air baku Kotabunan. danau Bunong, danau Tondok, danau Moaat, sungai Modayag, sungai Motongkad, sungai Nuangan, sungai Buyat, sungai Paret dan sungai Molobog.

"Kita sudah pantau dan ambil sample di 3 titik yakni, sungai Buyat, air baku Kotabunan dan sungai Paret. Sampelnya kita bawa ke Laboratorium Water Lap Nusantara (WLN) di Manado" papar Sjukri saat disambangi di ruang kerjanya Selasa (16/07)

Untuk sungai Paret, katanya, kita dapati hanya bakteri Escherichia Coli (E Coli) yang melampaui ambang batas. Selama ini kita temui hanya baku mutu air dangan bakteri koliform serta kekeruhan air seperti sungai Paret. 

"Hari ini, kita rencanakan, turun pemantauan bersama tim DLH Boltim di PDAM Kotabuan. Kita akan ambil 1 titik mata air, dan 4 titik air kran di rumah warga. Sejauh ini tidak ada indikasi pencemaran lingkungan di sungai maupun di danau. Juga tidak ada pencemaran limbah, namun kita perlu atur sesuai prosedur" ungkap, Sjukri di dampingi Kepala bidang (Kabid) Pengolahan Persampahan Pengendalian Limbah B3 dan Pencemaran Lingkungan, DLH Boltim, Reza Pahlevi Ani s.(ctr-64)









Komentar