16 Jul 2019 13:46

Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga

Kondisi rumah milik Keluarga Karisoh- Tumbel rusak parah akibat angin kencang yang terjadi akhir pekan lalu, di Kecamatan Eris, Kabupaten Minahasa.(Dok BPBD)

MANADOPOSTONLINE.COM—Angin kencang yang terjadi beberapa hari belakangan di Kecamatan Eris, bahkan di seluruh wilayah di Kabupaten Minahasa mengakibatkan satu rumah warga rusak berat. Kejadian ini terjadi, Minggu (14/7) lalu, sekira pukul 11.00 Wita.

Rumah milik keluarga Karisoh-Tumbel yang diketahui dihuni oleh Keluarga Tilaar-Pangau warga Desa Telap, Jaga III, Kecamatan Eris. Beruntung saat itu penghuni rumah tidak berada di tempat.

Akibatnya, sebagian bangunan dan atap rumah rusak parah. Camat Eris Deidy Tumerar saat di temui membenarkan adanya kejadian pohon tumbang di wilayahnya.

"Saat ini warga yang menempati rumah terpaksa menumpang di rumah keluarga terdekat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalm peristiwa ini," sebutnya.

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Johanis Pesik menyebutkan, pihaknya Senin (15/7) kemarin, bersama Dinas Sosial langsung turun menyalurkan bantuan.

"Bantuan sudah disalurkan yakni berupa bahan pokok serta makanan siap saji seperti supermie dan ikan kaleng," sebutnya.

Dengan kejadian ini dirinya pun mengimbau kepada masyarakat dan pemerintah desa agar tetap berhati-hati dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sebaiknya pemerintah desa di saat angin kencang terjadi, segera melaksanakan pemangkasan atau pemotongan pohon yang rawan tumbang. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang terdapat pohon tua silakan melapor ke pemerintah setempat. Agar secepatnya dilakukan pembersihan," imbuhnya.

Lanjut Pesik, nilai kerugian yang ditaksir akibat robohnya pohon ke rumah warga tersebut berjumlah  Rp25.000.000.(tr-03/jul)









Komentar