16 Jul 2019 13:38

Angin Kencang, Rumah Warga Bolaang I Rusak

Angin kencang mengangkat atap rumah warga di Desa Bolaang I, Kecamatan Bolaang Timur, kemarin.(dok BPBD Bolmong)

MANADOPOSTONLINE.COM—Angin kencang yang melanda Desa Bolaang I, Dusun II, Kecamatan Bolaang Timur membuat atap rumah terangkat angin, kemarin. Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong Haris Dilapanga mengatakan, sejak sepekan terakhir wilayah pesisir utara (Pantura) Bolmong dilanda angin kencang atau yang disebut masyarakat dengan angin Selatan. 

Menurut dia, kondisi ini pun menyebabkan beberapa pohon tumbang di halaman Kantor Bupati Bolmong. Bahkan, satu unit rumah semi permanen pun rusak sedang. "Rumah yang terangkat atapnya milik keluarga Candra Oboy  di Desa Bolaang I,” sebutnya.

Lanjutnya, di dalam rumah yang atapnya terangkat angin didiami dua Kepala Keluarga (KK) dan tujuh jiwa. Dia mengatakan, karena kejadian tersebut, BPBD Bolmong pun berkoordinasi dengan BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado terkait kondisi cuaca. "Kami pun meminta penjelasan resmi fenomena angin kencang yang melanda wilayah Pesisir Utara Bolmong," katanya.

Haris mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bolmong untuk selalu waspada, dan segera melaporkan jika ada potensi bahaya pohon tumbang disekitar pemukiman untuk dilakukan penanganan awal.  “Untuk para pengendara baik roda dua maupun empat, agar lebih meningkatkan kewaspadaan saat melintas di Jalan Trans Sulawesi dan Jalan Amurang-Kotamubago -Duloduo (AKD),” ujarnya. "Karena banyak terdapat pohon trembesi yang mudah tumbang dan dikhawatirkan menimpa kendaraan saat melintas," pungkasnya.(cw-03/ite)









Komentar