11 Jul 2019 12:25

Mitra Boikot Produk Kelapa Sawit

Ilustrasi kelapa sawit.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara akan mengambil kebijakan khusus guna memboikot produk kelapa Sawit, khususnya minyak goreng.

 

Penjualan bakal dibatasi di pasaran. “Kami bakal memboikot untuk produk Sawit di Minahasa Tenggara, dengan mulai membatasinya di pasaran. Ini merupakan upaya memberikan perlindungan bagi para petani kelapa di daerah kami," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Minahasa Tenggara Gotlieb Mamahit kemarin.

Dilakukannya upaya tersebut menurut Mamahit, agar produk minyak hasil kelapa Minahasa kembali menjadi andalan masyarakat di Mitra. “Ini dimaksudkan agar masyarakat kembali mengonsumsi minyak kelapa. Sehingga hasil dari petani kelapa dapat dimanfaatkan, serta bisa mempengaruhi  harganya yang semakin membaik," tambahnya.

Dijelaskan Mamahit, sebagian besar mayarakat adalah petani kelapa, dan menggantungkan hidupnya pada komoditi tersebut. "Jadi mengajak para petani ini agar bisa memproduksi minyak kelapa rumahan. Nantinya untuk tahap awal konsumennya ada para pegawai negeri. Mereka diwajibkan untuk membeli minyak kelapa dari masyarakat," jelasnya.

Bahkan menurutnya jika skala produksinya semakin besar, pihak Pemkab telah menyiapkan rumah kemasan untuk mengemas minyak kelapa produksi masyarakat. Serta guna mendukung langkah tersebut, pihaknya akan membuat peraturan daerah (perda) tentang perlindungan dan pemanfaatan produk lokal. "Itu nantinya akan mengatur kewajiban untuk mengonsumsi minyak kelapa hasil produksi di Mitra," pungkasnya.(cw-01/gnr)









Komentar