27 Jun 2019 13:32

Es MaMa Tak Bisa Diakses

Efraindhard Lomboan

MANADOPOSTONLINE.COM—Aplikasi Es MaMa (Ekspedisi Max dan Maurits) saat ini belum bisa digunakan. Aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore yang bertujuan mempermudah masyarakat dalam membuat Kartu Keluarga (KK) hingga e-KTP itu, dalam masa perawatan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bitung Efraindhard Lomboan, Rabu (26/6).

 

"Selama satu minggu, dari Selasa (25/6) sampai Selasa (2/7) minggu depan, Es MaMa masih dalam perawatan. Sekaligus untuk menyesuaikan dengan peraturan terbaru sehingga tidak bisa digunakan oleh masyarakat. Untuk itu, masyarakat harus datang ke Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Bitung jika ingin membuat dokumen-dokumen secara manual," ujarnya.

Lomboan, mengatakan aplikasi ES MaMa ini sudah dibuat sejak September tahun lalu. "Selama ini lumayan banyak masyarakat Bitung yang menggunakan ES MaMa. Kita juga tetapi mensosialisasikan ES MaMa kepada masyarakat di gereja atau masjid, dan juga lewat media sosial," lanjutnya.

Tambanhya, sekarang ini juga Kantor Disdukcapil Bitung melayani hingga Minggu. “Selama tiga tahun ini, banyak masyarakat beralasan kerja sehingga tidak ada waktu membuat dokumen-dokumen KK, e-KTP, KIA, Akte Kelahiran, Akte Kematian dan surat pindah. Oleh sebab itu, sekarang Capil Buka Sampai Minggu (Cabusami) untuk masyarakat Bitung. Pada Sabtu dan Minggu dibuka pukul 09.00 hingga 13.00," tutupnya.

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Bitung Oktavianus Tumundo mengatakan, mungkin hanya Dukcapil Bitung yang buka hingga Minggu. “Bisa dicek, Kota Bitung satu-satunya di Sulawesi Utara ataupun bisa jadi di Indonesia, yang buka pada hari Minggu," kata Tumundo.(ctr-61/can)









Komentar