27 Jun 2019 09:28

Jokowi Butuh Putra Kawanua, Tiga Nama Ini Berpeluang

Carlo Brix Tewu, Thomas Trikasih Lembong dan Ronny Franky Sompie

MANADOPOSTONLINE.COM—Ada banyak putra Kawanua yang sedang berkarir di pusat. Tiga di antaranya Irjen Pol Carlo Brix Tewu. Mantan Kapolda Sulut ini sekarang menjabat Deputi V Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam.

Kemudian Thomas Trikasih Lembong. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal ini pernah menjadi Menteri Perdagangan Republik Indonesia. Selanjutnya Ronny Franky Sompie yang sekarang berada di posisi Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM.

Sompie diketahui pernah ditunjuk sebagai Kadiv Humas Mabes Polri dan Kapolda Bali. Tiga figur ini punya peluang kembali dipakai Presiden Joko Widodo.

Menurut akademisi Sulut Valentino Lumowa, sangat wajar jika nama-nama putra Sulut seperti Olly Dondokambey, Thomas Lembong, Carlo Tewu, dan Ronnie Sompie menyeruak dalam diskusi tentang komposisi kabinet Jokowi.

"Kompetensi mereka untuk menyelenggarakan pemerintahan meneguhkan potensialitas mereka untuk mendampingi Jokowi," sebut Lumowa.

Apalagi kata dia, dari sudut pandang multikulturalisme, keterlibatan politik dari setiap kultur partikular menjamin pengakuan yang pantas bagi setiap elemen bangsa. Namun, secara yuridis, pengangkatan menteri merupakan hak prerogatif presiden (UUD 1945, Pasal 17).

12








Komentar