20 Jun 2019 14:45
Maksimalkan Pengelolaan Keuangan Desa

Sering Terlilit Hukum, Pemkab Sitaro Dorong Kadarkum

Marlon Dalentang

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, melaksanakan Lomba Kampung Sadar Hukum (Kadarkum), Rabu (19/6) kemarin, di Auditorium Kantor Kabupaten. Kegiatan tersebut dibuka Bupati Sitaro Evangelian Sasingen diwakili Asisten Administrasi Umum Drs. Denny Kondoj, M.Si, yang diikuti desa utusan dari sembilan kecamatan. Dalam arahannya mewakili bupati, Kondoj memberikan apresiasi yang tinggi kepada perwakilan kampung karena sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

"Apalagi saat ini kita akan segera melaksanakan Pilkades, di beberapa kampung. Sehingga, memang pemahaman terkait kesadaran masyarakat terhadap hukum dalam menjaga kamtibmas perlu ditingkatkan. Dalam Kadarkum ini, juga kita menilai mana desa yang terbaik dalam ketaatan masyarakat. Secara sadar tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum," ucapnya.

Sementara itu, Kadis DPMD Marlon Dalentang mengatakan selain melakukan penilaian dalam Lomba Kadarkum, pihaknya sekaligus melakukan sosialisasi, terkait pengelolaan keuangan pada setiap desa yang ada. "Apalagi saat ini, banyak kepala desa maupun aparat yang berurusan dengan pihak berwajib, terkait pengelolaan keuangan," terangnya.

"Sehingga ini perlu menjadi perhatian kita bersama. Sebab, meski kita tidak menggunakan sepeserpun dana desa, namun jika salah dalam pertanggungjawabannya, tentu berakibat fatal, sehingga pemahaman-pemahaman seperti ini yang terus kita tekankan kepada pemerintah desa," singatnya.(drp/jul)









Komentar