20 Jun 2019 09:44

Investasi 2 Triliun, Sulut Bangun `Disneyland`, Ini Lokasinya

Olly Dondokambey

MENINGKATNYA pariwisata di daerah membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) terus mencari solusi atas destinasi baru.

 

Dibeberkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, destinasi baru yang akan diciptakan di Sulut adalah penataan kawasan puncak Tatempangan Desa Koha, Kabupaten Minahasa. Yang akan dijadikan seperti Disneyland Hongkong. Itu menurut OD, dilakukan untuk menunjang sektor pariwisata serta peningkatan perekonomian daerah.

 

"Jadi memang ada investasi untuk sektor pariwisata di tahun ini. Itu dilakukan di kawasan puncak Tatempangan. Jadi akan ada pembangunan diatas lahan 125 hektar tersebut dengan nilai investasi 2 triliun. Ini salah satu upaya kita untuk menunjang sektor pariwisata. Karena memang dengan meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara, maka harus diimbangi dengan destinasi yang baik. Bukan hanya itu, ini bakal menjadi destinasi pariwisata baru di daerah," tuturnya.

Lokasi tersebut menurut OD, bakal dibangun beberapa fasilitas seperti hotel, restauran, wahana bermain serta beberapa spot lain. Yang pasti, pengembangan kawasan puncak Tatempangan tersebut bakal dimaksimalkan agar menjadi magnet pariwisata baru di Sulut.

Ini menurutnya, bakal lebih hebat dari Disneyland Hongkong. Karena spot tersebut selain menjual dari sektor fasilitas, pemandangan dari puncak Tatempangan juga bakal memiliki nilai jual tersendiri.

"Di situ nantinya akan dibangun fasilitas lengkap seperti hotel, restaurant, wahana bermain serta olahraga paralayang dan lain-lain yang terpenting juga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Tahun ini sudah mulai berjalan prosesnya. Yang pasti, akan sangat menarik jika sudah tuntas. Karena memang selain menjual beberapa fasilitas, puncak Tatempangan juga menyediakan pemandangan yang luar bisa. Dan ini kita yakini bakal menjadi magnet pariwisata,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Manado Lenda Pelealu mengatakan, jika Tatempangen jadi destinasi wisata baru, maka akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun lokal di Provinsi Sulut, khususnya Kota Manado. “Ini juga memberikan banyak pilihan kepada wisatawan terkait destinasi wisata  di Sulut,” katanya.

Menurut dia, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. “Karena pariwisata akan memberikan multi plier efect kepada masyarakat,” pungkasnya.(tr-02/ite/gnr)









Komentar