19 Jun 2019 15:20

DPRD Mitra Dikejar Deadline Ranperda

Ilustrasi.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Jelang berakhir masa jabatan 2014-2019 DPRD Mitra dikejar deadline penyelesaian rancangan peraturan daerah (ranperda). Pasalnya hingga kini ada enam ranperda yang masih dalam tahap pembahasan.

 

“Kami targetkan bisa tuntas sebelum September. Karena kan September kemungkinan masa jabatan sudah berakhir," kata Ketua DPRD Mitra Marty Ole, Selasa (18/6).

Enam ranperda yang dimaksud antara lain, revisi Perda no 2 tahun 2015 tentang penyelenggaraan pemerintah desa (pemdes), revisi RTW. Kemudian ranperda tentang pengelolaan barang milik daerah, ranperda tentang perumahan dan kawasan pemukiman dan ranperda tentang pengelolaan tempat pemakaman umum (TPU). Serta pembahasan LPJ tahun 2018 setelah hasil audit BPK. "Ada yang masih baru dimulai dibahas. Tapi ada juga yang sudah usai kosultasi ke Provinsi. Namun untuk pansus semuanya sudah siap," sambung Marty.

Meski begitu, dari target enam ranperda yang bakal digodok tidak ada satu pun yang merupakan inisiatif dewan. Namun menurut Marty, kemungkinan sisa ranperda yang bakal dibahas pada triwulan IV nanti. "Kami bahas dengan menyesuaikan pada skala prioritas. Misalnya terkait pengelolaan barang milik daerah itu merupakan permintaan BPK untuk diselesaikan paling lambat Juli nanti," tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Mitra Hans Mokat menyebut untuk persiapan pansus enam ranperda sudah dibentuk. "Enam ranperda ini sudah dibentuk pansus. Tinggal pembahasan yang kemungkinan esok sudah digelar,” singkatnya.(cw-01/gnr)









Komentar