19 Jun 2019 15:18

Bimtek KemenPAN di Minsel, Banyak PNS `Kabur`

Bimtek yang digelar KemenpanRB di Minsel seperti kurang diminati. Terpantau setelah sempat ramai di pembukaan peserta menipis selesai makan siang, kemarin.(Rangga/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan standar pelayanan publik, survei kepuasan Masyarakat dan forum konsultasi publik di Pemkab Minsel. Berlokasi di lantai empat kantor bupati bimtek digelar dua hari. Mulai Selasa kemarin hingga hari ini.

 

Membuka kegiatan tersebut, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu (CEP) diwakili Sekkab Denny Kaawoan. “Apresiasi dan terima kasih atas perhatian KemenPAN-RB yang memilih Minsel untuk diadakan bimtek ini. Saya mengingatkan kepada instansi terkait agar serius memanfaatkan bimtek ini untuk mempelajari teknis teknis pelaksanaan pelayanan publik," ujar Kaawoan saat membacakan sambutan.

Hadir dan membawakan materi kabid di Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB Muhamad Yusuf Kurniawan, Kabid Pelatihan dan Pengembangan Puslatbang KMP LAN RI Cabang Makassar Nurwahyudianti, dan Peneliti Muda LAN PUSAT Harditya Bayu Kusuma. Bimtek diikuti oleh perwakilan 12 SKPD yang bersentuhan dengan pelayanan publik. Kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan bimtek tahap pertama yang diadakan 20 sampai 21 maret 2019 lalu.

“Untuk melihat sampai sejauh mana dari poin-poin utama apakah sudah dilakukan oleh instansi yang jadi partner kerja dari KemenpanRB. Dan bimtek ini sebagai bekal pelayanan publik khususnya bagi tiga instansi yang dievaluasi kali ini yakni Disdukcapil, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD,” ujar pemateri Nurwahyudianti.

Mereka mengharapkan keseriusan peserta agar nilai pelayanan publik khususnya di Minsel dapat lebih baik lagi. Dan pemerintah tetap berupaya meningkatkan SDM aparatur sipil negara sbg penunjang pelayanan masyarakat di segala aspek. Namun sangat disayangkan, dari pantauan ketika selesai makan siang. Kebanyakan peserta yang keluar makan sudah kabur alias tidak kembali lagi. Bahkan pemateri juga sempat bertanya ke mana sebagian besar peserta yang hadir. Namun hingga sesi pertama usai, tinggal sebagian kecil peserta yang mengikuti bimtek tersebut di hari pertama.(rgm/gnr)









Komentar