18 Jun 2019 08:45
Manado Jadi Tempat Budidaya Ikan Tercanggih di Dunia

Amerika Serikat `Sekutu` Sulut

KERJA SAMA: (dari kiri) Konsul Jenderal Amerika Serikat (AS) di Surabaya Mark McGovern, Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan, dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam perayaan Hari Kemerdekaan AS di Hotel Four Points, tadi malam. (Asyer Rokot/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Amerika Serikat (AS) jatuh cinta dengan kekayaan alam Sulawesi Utara (Sulut). Investasi dengan nominal fantastis Rp 700 miliar, masuk di bumi Nyiur Melambai. AS jadi ‘sekutu’ ekonomi Sulut. Khususnya di bidang perikanan.

 

Senin (17/6) kemarin, perusahaan budidaya ikan lepas pantai milik AS, Forever Ocean, resmi berinvestasi di Sulut. Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan Jr. mengatakan ini merupakan kemitraan luar biasa. Antara investor AS dan Sulut.

"Forever Oceans membawa perlengkapan tercanggih ke Indonesia lewat kemitraan ini. Dampak positif jangka panjang adalah melalui kemitraan bisnis. Di dalamnya perkembangan ekonomi. Investasi ini contoh kerjasama itu," ucapnya.

Menurut dia proyek lepas pantai ini akan menciptakan lapangan pekerjaan dan memperkuat sektor ekspor di Sulut. "Investasi dan proyek ini mewakilkan kerjasama kita. Amerika dan Indonesia. Kami akan terus berupaya mencapai tujuan perdagangan dan ekonomi dengan memperhatikan kebijakan lokal yang ada," tandasnya.

Pendiri dan  CEO Forever Oceans Jason Heckathorn mengungkapkan mereka adalah sebuah perusahaan perikanan Amerika. "Perusahaan kami bergerak di budidaya laut. Berbasis di Virginia. Menggunakan teknologi canggih menghasilkan volume ikan berkualitas tinggi. Ramah lingkungan," ungkapnya.

Dia membeber perusahaannya berinvestasi untuk sementara di Sulut dengan nilai 50 juta dolar AS. "Untuk fase awal proyek ini, dengan jenis amber jack atau bobara. Merupakan jenis asli Sulut," bebernya.

Lanjutnya produksi Forever Oceans difokuskan pada spesies bernilai tinggi dan berkelanjutan. Yang tumbuh dengan baik di wilayah perairan hangat. Menjadikan Indonesia khususnya Sulut lokasi sangat baik untuk operasi.

“Investasi Forever Ocean ini diharapkan menghasilkan banyak lapangan pekerjaan, yang berkontribusi pada ekonomi lokal berkelanjutan. Kami melihat potensi luar biasa di Sulawesi Utara dan berterima kasih atas kemitraan yang memungkinkan kami membawa budidaya laut berkelanjutan ke wilayah ini," pungkasnya.

123








Komentar