17 Jun 2019 08:52

Donald Trump Pilih Sulut Lokasi Latihan Militer

Jet-jet tempur tipe F16 milik TNI AU sudah berada di Pangkalan Udara Sam Ratulangi Manado, Minggu (16/6). Pesawat pendukung milik AS juga sudah tiba di Manado sejak pekan lalu. (IMMANUEL GRADY/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sulawesi Utara (Sulut) menjadi daerah istimewa bagi negara adidaya, Amerika Serikat. Tahun ini negara pimpinan Presiden Donald Trump itu, kembali memilih Sulut sebagai lokasi latihan militer serta perayaan Hari Kemerdekaan United States of America (USA).

 

Masyarakat Sulut patut berbangga. Pasalnya, Bumi Nyiur Melambai sering menjadi daerah kepercayaan negara super power dunia tersebut untuk dikunjungi. Pada 2009, kapal induk USS George Washington juga tampil di perairan Manado. 2015 kapal perang penghancur USS Rushmore CDR, juga pernah berlabuh di perairan Manado. Daerah ini dianggap nyaman dan aman oleh AS.

Diketahui, sebelum menggelar perayaan Hari Kemerdekaan US, Senin (16/6) mulai pukul 08.00 WITA ada pembukaan latihan militer bersandi ‘Cope West 2019’ di Pangkalan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado. TNI Angkatan Udara RI dan US Air Force (USAF) akan saling menjajal kemampuan dua angkatan bersenjata beda negara tersebut selama dua pekan.

Tahun 2019 merupakan latihan bersama ketujuh yang digelar di Indonesia. Dan ketiga kali digelar di Manado. Siang harinya di Four Points by Sheraton Manado, dilanjutkan upacara pengguntingan pita untuk Forever Oceans, yang akan dihadiri oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan CEO Forever Oceans Jason Heckathorn .

Masih di Four Points by Sheraton Manado. Selanjutnya ada perayaan Hari Kemerdekaan US. Juga akan dihadiri langsung oleh Dubes AS, Gubernur Sulut, yang bakal diiringi performance dari musisi dan artis lokal. Sementara itu, dari pantauan Manado Post di Bandara Sam Ratulangi, pesawat-pesawat tempur TNI AU dan USAF mulai berdatangan.

12








Komentar