15 Jun 2019 13:18

Kumelembuai-Motoling Timur Dapat Bantuan Hukum

Program paralegal dan bantuan hukum digelar di 15 desa yang ada di Kecamatan Kumelembuai dan Motoling Timur, Jumat (14/6).(Rangga/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak delapan Desa di Kecamatan Kumelembuai dan tujuh desa di Kecamatan Motoling Timur mendapatkan pembinaan dan bantuan hukum serta paralegal, yang merupakan program Dinas PMD, Jumat (14/6). Sebagai narasumber pihak Polres Minsel dan Kejari Minsel memberikan arahan berupa pencegahan penyalahgunaan dana desa (dandes).

 

"Dana desa itu punya masyarakat desa, bukan milik pribadi atau perorangan. Jadi siapa saja yang diberi tanggungjawab menjadi hukumtua, harus bertindak secara bertanggungjawab mengelola dandes ini," ujar Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo.

Senada Kajari Minsel I Wayan Eka mengatakan, setiap program desa bersumber dandes harus secara transparan. "Agar masyarakat tahu apa saja pembangunan atau kegiatan yang akan dilakukan dan berapa anggaran yang dikeluarkan. Dengan begitu masyarakat dapat mengawasi langsung dan bisa melaporkan kalau memang ada penyelewengan," ujarnya.

Terpisah Kadis PMD Minsel Hendrie Lumapow mengharapkan dengan dilakukannya program ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat. “Pengetahuan untuk dapat mengawasi langsung pengerjaan dandes di setiap desa. Jika memang ada penyelewengan silahkan pihak Polres Minsel, Kejari Minsel dan PMD menerima semua laporan dan masukan masyarakat,” pungkasnya.(rgm/gnr)









Komentar