14 Jun 2019 08:20

TNI AU dan USA Air Force Dua Pekan Latihan Tempur di Sulut

Deretan pesawat tempur milik TNI AU yang ikut Cope West Maret 2018. Jet-jet ini bakal kembali berjejer di Apron Lanudsri Manado, untuk menggelar latihan dengan USAF, mulai 17 Juni 2019. (REZA MANGANTAR/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Langit Sulawesi Utara kembali menjadi lokasi favorit pasukan TNI Angkatan Udara, untuk menggelar latihan bersama dengan tentara Amerika Serikat. Sesuai jadwal, pesawat-pesawat super canggih milik dua angkatan bersenjata tersebut bakal menghiasi langit Nyiur Melambai selama dua pekan. Mulai tanggal 17 hingga 28 Juni 2019.

 

“Latihan bersama bersandi Cope West merupakan latihan bersama antara USA Air Force (USAF) dan TNI-AU,” sebut Komandan Pangkalan Udara Sam Ratulangi Kolonel Penerbang (Pnb) Johnny Sumaryana, ketika dikonfirmasi Manado Post, Kamis (13/6) kemarin.

Disebutkan putra Sulut tersebut, tahun ini merupakan latihan bersama ketujuh yang digelar di Indonesia, dan ketiga kali di Manado. “Latihan saat ini menitikberatkan pada latihan perang di udara pesawat tempur F-16 dari kedua pihak,” sebutnya.

Sumaryana juga menyebutkan, jenis-jenis pesawat-pesawat tempur yang akan dilibatkan nanti. “USA Air Force mendatangkan 6 pesawat dari skadron 14. Sementara TNI AU dari skadron udara 3 Madiun. Pembukaan latihan akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2019, di apron Bandara Sam Ratulangi,” tandasnya.

Latihan ini, lanjut Sumaryana sangat positif bagi dua angkatan bersenjata yang beda negara ini. “Tentu TNI AU akan terus memperkuat kekuatan. Untuk terus mengawal kedaulatan wilayah udara NKRI. Sehingga latihan-latihan seperti ini bisa menambah pengalaman dari para pilot tempur TNI AU,” pungkas Kolonel Sumaryana.(gnr)









Komentar