11 Jun 2019 13:46

Bupati Sitaro: Jangan Rusak Keindahan Laut

Evangelian Sasingen

MANADOPOSTONLINE.COM—Pentingnya menjaga ekosistem laut, menjadi tugas Pemerintah Kabupaten Sitaro yang tentunya, wajib didukung dan ditopang oleh seluruh pihak. Utamanya warga di Bumi Karamando.  Pasalnya, sebagai daerah kepulauan, dengan wilayah perairan yang luas, keberadaan laut tentu saja menjadi salah satu faktor, pendorong  ekonomi masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Bupati Evangelian Sasingen

"Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat, agar turut menyukseskan program pemerintah, dalam menjaga dan melestarikan laut. Karena hal ini,  akan sangat memberikan dampak positif di sektor perikanan, lebih-lebih kelangsungan usaha para nelayan," jelasnya.

Dirinya pun berharap kepada seluruh warga Sitaro. Yang menggantungkan hidupnya di laut, untuk menggunakan cara atau metode menangkap ikan yang ramah lingkungan. Serta terus mengimbau kepada nelayan, agar tidak mencari ikan menggunakan bahan yang dapat mengganggu ekosistem laut dan pelestarian terumbu karang.

"Kita tidak perlu berpikir besar dalam melestarikannya, cukup dengan tidak membuang sampah ke laut. Ingat, jangan sekali-kali menggunakan racun ikan, pukat harimau atau bom ikan. Yang besar potensinya mengganggu ekosistem lingkungan yang ada di dalam laut . Melakukan hal tersebut, berarti turut melestarikan lingkungan," pungkasnya.

Senada Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Herry Bogar menambahkan, pesona keindahan bawah laut di Sitaro, harusnya menjadi keindahan alam yang patut dilestarikan. Jangan sampai, warisan mata pencaharian utama tersebut, rusak karena keuntungan sesaat.

"Ingat, kalau laut itu sumber penghasilan ekonomi masyarakat di Sitaro. Jangan sampai, warisan ini hanya sampai di sini, tapi wajib berkesinambungan hingga anak cucu kita nanti,"  sebut dia.(drp/jul)









Komentar