11 Jun 2019 13:34

Pemkab Sangihe Bakal Ekspor Kelapa Biji ke Surabaya

Ilustrasi kelapa.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Meningkatkan kesejahteraan petani kopra di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berencana mengekspor kelapa biji ke Surabaya. Melalui jasa pelayaran kapal Tol Laut.

 

Hal ini dikatakan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana. Menurutnya mengekspor kelapa biji adalah sebuah kebijakan strategis. Untuk meningkatkan nilai pendapatan petani Sangihe.

"Saya bersama para pengusaha melalui forum Co-Class ditawarkan membeli kelapa biji kita dengan harga 2.200 per biji,” kata Gaghana.

Dengan adanya peluang ini lanjut bupati, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) harus mengecek harga pengiriman per kontainer ke Surabaya.

"Karena jika kita hitung, misalnya satu kontainer memuat 500 biji kelapa. Berarti  dalam 100 kontainer ada 50.000 biji kelapa. Kita mempunyai keuntungan besar pada penjualan kelapa biji,” ujar Gaghana.

Karena untuk mengatasi anjloknya harga kopra tambah Gaghana, selain daerah Sangihe memproduksi minyak kelapa, juga ada usaha mengekspor kelapa biji. “Ini merupakan salah satu alternatif untuk memecahkan salah satu masalah kelapa,” kunci orang nomor satu di Bumi Tampungang Lawo ini.(wan/gel)









Komentar