23 Mei 2019 14:14

75 Unit Rumah di Minahasa Masuk Proyek BSPS

Royke Roring

MANADOPOSTONLINE.COM—Jumlah hunian tidak layak tinggal, di Kabupaten Minahasa bisa dikatakan masih cukup banyak. Meski begitu, secara bertahap dan berkelanjutan pemerintah terus melakukan pembenahan. Bupati Minahasa Ir Royke Roring MSi, belum lama ini meminta SKPD terkait untuk mendata dan menyalurkan bantuan pembangunan rumah kepada masyarakat.

"Secepatnya, saya minta  untuk di data setiap rumah warga yang belum layak tinggal. Setelah itu, segera dimasukan dalam program RTLH maupun BSPS tahun ini," sebutnya di sela meninjau Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Atep Oki, Kecamatan Lembean Timur, baru-baru ini.

Diketahui, program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) milik Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Minahasa tahun ini bakal merealisasikan bantuan sebanyak 75 unit.

Kepala Dinas Perkim Raf Moleong mengatakan, bantuan tersebut berasal dari dana APBD sekira Rp.3 Miliar.

"Dari pembangunan rumah tersebut ada yang kita bangun baru, ada juga yang hanya peningkatan kualitas. Itu semua nanti disesuaikan dengan dana yang ada," ungkapnya.

Diakuinya,  bantuan ini belum bisa dilakukan secara serentak dan menyeluruh karena terbatasnya anggaran. Namun, kata dia, bantuan ini setiap tahun akan dianggarkan.

Dijelaskannya, tujuan program kegiatan BSPS telah diatur di Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 6 Tahun 2013, Tentang Pedoman Pelaksanaan BSPS, adalah terbangunnya rumah yang layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Bentuk program ini, meliputi peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru dilihat dari kualitas atap, lantai dan dinding rumah yang memenuhi syarat kesehatan, keselamatan dan kenyamanan," tutupnya.(tr-03/jul)









Komentar