23 Mei 2019 14:11

Tahun Ini Penerimaan Siswa SD-SMP di Mitra Pakai Sistem Zonasi

Djelly Waruis

MANADOPOSTONLINE.COM—Calon pelajar jenjang SD-SMP bisa bersekolah sesuai dengan wilayah domisili. Pasalnya penerimaan peserta didik baru di Kabupaten Mitra dipastikan memakai sistem zonasi. Penerapan tersebut dilakukan mulai tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan Djelly Waruis mengungkapkan, pemberlakuan tata cara hingga alur sistem zonasi, mengacu pada Permendikbud Nomor 51/2018. Sehingga pihaknya sudah menyosialisasikan pemberlakuan sistem zonasi sejak tahun lalu. "Ini sudah kami sosialisasikan sejak keluarnya permendikbud tahun lalu. Sehingga terhitung sejak tahun ini, sistem zonasi diberlakukan penuh," ujarnya.

Tujuan zonasi dimaksudkan guna pemerataan seluruh sekolah. Semua sekolah diupayakan jadi favorit. "Dalam sistem zonasi siswa baru wajib mendaftarkan diri di sekolah yang berada terdekat di wilayah domisili. Sehingga tak ada istilah lagi sekolah favorit. Namun semua tergantung wilayah domisili," jelas Warius.

Untuk itu, Waruis menyebut, semua sekolah tahun ini diupayakan untuk peningkatan akreditasi. Guna mendukung penerapan sistem zonasi. "Akan diupayakan supaya tiap seluruh sekolah bakal dinaikkan akreditasi. Ini supaya seluruh sekolah yang ada di masing-masing wilayah bisa setara dengan sekolah yang terlebih dahulu akreditasnya sudah di atas," terangnya.

Kepala Bidang Dikdas Felda Tombokan menambahkan, penerapan sistem zonasi di Kabupaten Mitra tidak sepenuhnya mengikuti dari pusat. Terutama dalam hal pendaftaran yang mewajibkan siswa baru wajib menyesuaikan dengan alamat kartu keluarga (KK) yang terbit satu tahun sebelumnya. "Tetap memprioritaskan sesuai dengan domisili sekarang. Tanpa hari melihat alamat KK terbitan satu tahun sebelumnya," tutupnya.(cw-01/gnr)









Komentar