23 Mei 2019 12:33

Pemandian Air Panas Jadi Tempat Favorit di Kotamobagu

Kolam renang di Jalan Teuku Umar Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur, dipadati pengunjung.(Claudia/Manado Post)

Ada banyak tempat wisata di Kotamobagu yang cocok untuk rekreasi, refreshing dan rileksasi. Salah satunya objek wisata pemandian air panas yang terletak di Jalan Teuku Umar, Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Saat ini, tempat tersebut tengah menjadi wisata pemandian populer dan menjadi favorit warga Kotamobagu, sehingga tidak heran setiap harinya akan ramai dan dipadati pengunjung. Apa lagi pada saat liburan akhir pekan, banyak pengunjung yang datang baik anak-anak maupun orang dewasa.

"Setiap hari itu banyak yang datang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, apa lagi pada Sabtu dan Minggu atau akhir pekan, itu bisa sampai 200-300 orang. Bahkan lebih yang berkunjung per harinya," kata Nurtia Mamonto, pemilik tempat pemandian air panas tersebut.

Dia juga membeber, untuk anggaran pembuatan kolam air panas tersebut, mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 1 miliar sudah termasuk lahannya. "Mata airnya memang dari zaman Belanda sudah ada, itu yang kami manfaatkan untuk pembuatan tempat rekreasi ini. Harga sewa masuk cukup murah hanya Rp 10 ribu bisa mandi sepuasnya," ujar Nurtia.

Melihat prospek dan pendapatannya cukup menguntungkan, Nurtia yang juga berprofesi guru ini berencana bakal menambah bangunan dan fasilitas pelengkap lainnya untuk lebih menarik para pengunjung.

"Saat ini sudah ada dua kolam air panas, ada untuk anak-anak dan orang dewasa. Nantinya ini akan ditambah, untuk menunjang fasilitasnya agar menjadi objek wisata rujukan warga Kotamobagu dan sekitarnya," pintanya.

Sementara salah satu pengunjung Ni Wayan (20) mengaku, tempat ini sudah lama berdiri dan bisa dijangkau. "Dibandingkan dengan tempat pemandian air panas yang lain, ini cukup dekat dan ramai. Itu kalau bagi saya," kata wanita berdarah Bali, yang sudah lama tinggal di Kotamobagu tersebut.

Dia mengatakan, harga yang ditentukan pemilik kolam cukup murah, padahal setiap Minggu pengunjung terus meningkat. "Harga Rp 10 ribu kita bisa mandi sepuasnya. Harga ini merata semuanya baik anak kecil dan dewasa. Dan setahu saya belum banyak orang tahu tempat ini. Tapi, buktinya banyak pengunjung setiap Minggu. Jadi untuk teman-teman yang belum pernah ke sini, langsung saja. Suasana dan tempatnya bagus, tidak mengecewakan," ajak Wayan.

Dia berharap, tahun depan kolam yang sementara dibangun lagi secepatnya bisa selesai. "Mudah-mudahan cepat selesai dan tempat pemandian bisa tambah lagi," pungkasnya.(tr-06/ite)









Komentar