23 Mei 2019 12:30

Genjot Realisasi PAD Kotamobagu

Sande Dodo

MANADOPOSTONLINE.COM—Pendapatan Asli Daerah Pemerintah Kota Kotamobagu dimaksimalkan. Bahkan, untuk mendatangkan PAD Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menyewakan alat berat dan laboratorium. 

"Penyewaan alat berat dan laboratorium untuk dijadikan PAD Pemerintah Kotamobagu," kata Kepala Dinas PUPR Sande Dodo, Rabu (22/5) kemarin.

Menurut Dodo, total dana yang ditargerkan untuk penyewaan barang tersebut sebesar Rp 275 juta. "Namun hingga Mei ini, realisasi PAD penyewaan kedua fasilitas pemerintah tersebut baru Rp 30 juta," terangnya.

Dia menjelaskan, sewa peralatan ini telah diatur dalam Perda 2/2015, tentang retribusi pemakaian kekayaan daerah kendaraan atau alat berat dan alat laboratorium Kota Kotamobagu. Lanjutnya, dalam Perda tersebut diuraikan jika beberapa kendaraan atau laboratorium bisa disewa.

"Jadi warga yang ingin menyewa bisa ke kantor Dinas PUPR, dengan persyaratan mengajukan permohonan sewa alat atau kendaraan. Melampirkan keterangan lokasi pekerjaan, waktu penyewa alat dan bukti lunas membayar retribusi atau dokumen lainnya yang sah," jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga PU Kotamobagu Claudy Mokodongan membeber, realisasi PAD terhitung Januari hingga Mei yang didapat melalui bidang peralatan baru menyentuh Rp 30 juta. "Tentunya angka ini masih jauh dari target kita. Yakni Rp 275 juta," ujarnya.

Meski begitu, Claudy mengaku optimis sebelum tutup tahun anggaran 2019, pihaknya dapat mencapai target tersebut. "Dengan sisa waktu yang ada kita akan berupaya semaksimal mungkin, agar target ini bisa terealisasi," pungkasnya.(tr-06/ite)









Komentar