23 Mei 2019 09:35

Pemprov Buka Peluang Pejabat Kabupaten/Kota Masuk Kabinet OD-SK

Steven Kandouw

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) membuka peluang bagi pejabat di kabupaten/kota untuk masuk dan menjabat di kabinet Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK).

Itu dimungkinkan karena sesuai amanat Undang-Undang (UU) semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa menjabat dan bertugas di mana pun. Hal ini dikatakan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Rabu (22/5).

"Untuk rolling, sudah dalam waktu dekat akan dilakukan. Nah kalau ada pejabat dari kabupaten/kota yang akan masuk Pemprov Sulut, itu dimungkinkan. Karena memang sesuai dengan amanat UU itu dimungkinkan. Tidak ada larangan, untuk menjabat di Pemprov. Yang penting berkualitas dan sesuai kemampuan. Karena ada assessment yang kita terapkan. Kemampuan menjadi hal utama dalam pertimbangan kita memberi jabatan," ungkapnya.

Kandouw juga mengatakan, saat ini ada evaluasi dari semua kinerja PNS. Apalagi dengan adanya temuan dari DPRD. Kandouw juga mengatakan, sudah meminta sekretaris provinsi untuk memfollow up temuan tersebut dan mengevaluasi kinerja. Karena itu, jika ada pejabat dari kabupaten/kota yang akan masuk untuk ikut fit and proper tes, menurutnya, semua bisa dimungkinkan.

"Kan ada temuan dari DPRD, itu menjadi bahan kita untuk difollow up dan evaluasi. Jika evaluasi sudah dilakukan, maka kita bakal memiliki bahan. Karena itu, jika ada pejabat dari 15 kabupaten/kota yang akan ikut fit and proper tes maka itu dimungkinkan. Silahkan saja. Karena kualitas yang kita utamakan," ujarnya.

Sementara itu, pengamat pemerintahan Dr Alfons Kimbal mengatakan, memang sesuai aturan semua PNS bisa dimungkinkan menjabat dalam struktur organisasi manapun. Namun yang utama harus diterapkan adalah merit sistem.

Kemampuan pejabat adalah hal utama yang memang harus diutamakan dalam pemberian jabatan. Dan jika memang ada pejabat yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi, maka sangat wajar jika direkrut.

"Yang utama itu kualitas dan kompetensi diri. Jika memang mampu memberikan kontribusi, silahkan saja direkrut. Namun untuk saat ini saya melihat, banyak pejabat muda di pemprov yang memiliki kompetensi. Pengembangan kualitas mereka yang penting. Karena memang untuk kabupaten/kota SDM masih terbatas. Yang pasti merit sistem harus menjadi patokan dalam struktur organisasi pemerintahan," kuncinya. (tr-02/can)









Komentar