23 Mei 2019 00:04

Harumkan Tomohon, Mieke Tumurang Didorong Maju Pilwako

Mieke Tumurang

WACANA figur perempuan untuk menjadi Wali Kota Tomohon 2020 makin kencang, jelang pemilihan wali kota (Pilwako). Ya, Ketua Yayasan Kawanua Se Dunia (YKSD) Mieke Tumurang jadi pilihan. Soal popularitas, elektabilitas, kapabilitas dan integritas, tak perlu diragukan lagi. Pengabdian keke asli Tomohon di Kota Bunga sudah teruji. Tomohon pun akan berubah kalau dipimpin putri daerah yang mempunyai 1001 macam ide dan pengalaman internasional matang ini.

Bersama YKSD, sejumlah kegiatan sukses digelar baik skala nasional maupun internasional. Sebut saja, lomba lari yang sudah mendunia baik Tomohon Linow Lake 10 K dan Tondano Lake 10 K. Sejumlah pelari dunia asal Etiopia, Kenya, Perancis, Malaysia, China, Taiwan, Australia ikut berpartisipasi. Juga iven Tomohon International Flower Festival (TIFF) turut disukseskan. Terbukti, saat Prancis mengikuti Tournament of Flower (ToF) 2012 bagian dari TIFF, berkat lobi wanita kelahiran Kolongan Tomohon, yang menguasai Bahasa Inggris, Prancis, Finlandia, Spanyol, Italia dan Portugal ini.

Tak kurang, Konsul Jenderal (Konjen) Perancis Chanenougam saat itu, memberikan apresiasi positif atas upaya Tumurang. Perancis pun turut memberikan penghargaan atas upaya istri Michel Reanud ini, karena membantu Kedubes Perancis memfasilitasi warganya yang kecelakaan di Pinggir Danau Tondano, 08 Mei 2018.

Selain itu, pergaulan internasional pun luas. Sejumlah negara sudah dikunjungi alumnus London Business School di Inggris ini. Baik untuk berbisnis, menjalin kemitraan dengan negara sahabat, mempromosikan pariwisata, hingga mempersatukan kawanua yang tinggal di luar negeri. Amerika, Rusia, Jerman, Belanda, Luxemburg, Belgia, Cina, Jepang, Korea, Filipina, Brunei Darusalam, Estonia, Lituania, Norwegia, Swedia, Denmark, Kanada, Turki, Siprus, Ukraina, Kroasia, Finlandia Liechtenstein, Austria, Meksiko, Bahama, Tahiti, Afrika Utara, Afrika Selatan, Australia, Selandia Baru, Islandia, sudah disambangi. Kemampuan fisik yang mumpuni tanpa kenal lelah, demi mempromosikan daerah Nyiur Melambai, teristimewa Kota Bunga. Bisa dikatakan usia dewasa, tapi jiwa makin milenial.

Perjalanan keliling dunia pun membuahkan hasil, saat Thanksgiving Kawanua Se Dunia dengan tajuk Reunian Kawanua Pulang Manado (RKPM) dibanjiri peserta, di Rumah Dinas Gubernur Sulut Kompleks Bumi Beringin. Suasana kekeluargaan dan berbagai atraksi kesenian dan budaya ditampilkan bagi para kawanua dari sekira 18 negara, 2013 silam. RKPM pun melaksanakan aksi sosial dan memberikan bantuan bagi Panti Asuhan (PA), fakir miskin di desa terpencil. Sebelumnya juga, Tumurang bersama YKSD rutin membantu membantu sejumlah PA, terinspirasi dari nasehat orangtua, almarhum Nicholas Tumurang dan Emma Warouw, untuk membantu sesama manusia. Diantaranya, PA  Nazareth, PA Melania Langowan, dan PA Dorkas. Diketahui, opa dari Mieke Tumurang bersama Jonathan Tumurang dikenal sebagai salah satu pendiri GMIM, juga orang yang pertama membangun kanisah di Kolongan Tomohon dengan biaya sendiri.

Bahkan, tempat kediaman di Villa Esmeralda Lahendong Tomohon sering menjadi tempat berkumpul dan berbagi kasih bersama anak-anak Panti Asuhan. Juga, korban banjir bandang di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa ikut dibantu.

Tak hanya di bidang sosial, juga berupaya menggali dan melestarikan budaya Sulut. Hajatan rekonstruksi legenda Toar Lumimuut fotografi digital imaging di Danau Linow dan Air Terjun Pinaras, makin membuktikan kecintaan terhadap budaya. Pun soal komunikasi, Tumurang menjalin hubungan baik dengan sejumlah kepala daerah. Diantaranya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey (Ketua PDI-P Sulut), Wali Kota Bitung Max Lomban (Ketua NasDem Sulut), Bupati Minsel Christiany Paruntu (Ketua PG Sulut), Wali Kota Tomohon (Ketua PG Tomohon), hingga Bupati Minahasa Roy Roring. Terkait figur perempuan, Ketua Partai Golkar (PG) Tomohon yang juga Wali Kota Tomohon Jimmy Eman SE Ak, memberikan signal positif.

“Sah-sah saja, kalau Wali Kota Tomohon berikutnya seorang perempuan. Namun, itu semua harus melalui mekanisme partai, karena yang akan menentukan di tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP),” beber Eman, belum lama ini.

Senada, Justino Uno pemerhati olahraga Tomohon. “Ibu Mieke sudah sering mengadakan iven-iven internasional di Tomohon. Secara tidak langsung telah menjual hal positif daerah,” beber Uno. Menurutnya, kapasitas Mieke Tumurang sebenarnya bukan hanya laku di Kota Tomohon saja. “Begitu banyak juga daerah lain di Sulut menerima dampak perhatiannya (Mieke, red) memajukan sport tourism. Orang-orang seperti ini, layak diusung menjadi pimpinan daerah. Sayang, kalau orang Tomohon mengabaikan keke Tomohon yang satu ini,” kunci warga Tomohon Selatan ini. (*)









Komentar