21 Mei 2019 08:59

Tak Seperti PNS, Gaji 13 TNI/Polri Mundur Juli

Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Waktu pembayaran gaji 13 untuk TNI/Polri sepertinya tak sama seperti PNS. Hal tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo. Namun tak perlu khawatir, Jokowi berjanji tunjangan hari raya (THR) akan dicairkan akhir Mei.

 

“Saya juga sudah tanda tangan pemberian THR. Insyaallah diterima akhir bulan ini (Mei) paling lambat. Dan gaji ke-13 di bulan Juli," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan akan segera memberikan hak TNI-Polri tersebut. Presiden juga menyinggung kesejahteraan TNI dan Polri yang naik. tahun ini, gaji TNI dan Polri naik 5 persen.

“Kesejahteraan TNI dan Polri, tahun lalu tunjangan kinerja naik. Anggaran operasional Babinsa naik, tahun ini gaji naik 5 persen, tapi memang baru 5 persen karena memang ekonomi yang kita harapkan meningkat tajam terkendala karena penurunan ekonomi global," jelasnya.

Diketahui, Jokowi akan mencairkan gaji ke-13 untuk PNS hingga pensiunan pada bulan Juni mendatang. Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Berdasarkan aturan tersebut, penerima gaji ke-13 akan meliputi PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pensiunan. Besarannya pun sesuai dengan penghasilannya yang diterima setiap bulannya.

"Gaji, pensiun, atau tunjangan ketiga belas bagi PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan aebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) diberikan sebesar penghasilan pada bulan Juni," bunyi aturan Ayat 4 pasal (3) PP ini.

Dalam lampiran PP ini juga disebutkan, komponen gaji ke-13 untuk PNS dan pensiunan akan berbeda. Adapun, gaji ke-13 untuk PNS hingga anggota Polri akan terdiri mulai dari gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan, hingga tunjangan kinerja.

123








Komentar