17 Mei 2019 09:14

OD-SK Masih Favorit, PDI-P Siapkan Wongkar Cs

MANADOPOSTONLINE.COM—PDI Perjuangan jawara di pemilu 2019 di Sulawesi Utara (Sulut). Ini modal besar partai berlambang banteng moncong putih itu, menyambut pesta demokrasi part 2. Yang akan dilaksanakan 2020. Yakni pemilihan tujuh kepala daerah (pilkada) dan pemilihan gubernur (pilgub).

 

PDI Perjuangan bisa dibilang partai politik (parpol) paling siap. Di bawa pimpinan Olly Dondokambey (OD), PDI Perjuangan sukses unggul di 11 kabupaten/kota. Jadi selain bisa mengusung calon tanpa koalisi di pilgub, juga di enam kabupaten/kota. Yakni Manado, Bitung, Kotamobagu, Minsel, Minut, dan Tomohon. Untuk Bolmong Timur, PDI Perjuangan wajib berkoalisi. Karena hanya meraih tiga kursi.

Kader terbaik pun dipersiapkan. Bahkan mulai mencuat di masyarakat. Misalnya di Manado. Selain ada Ketua DPRD Provinsi Sulut Andrei Angouw, Richard Sualang, serta beberapa nama birokrat pemprov, muncul juga nama Royke Roring.

Bupati Minahasa yang terpilih bersama Robby Dondokambey 2018 lalu itu, kans turun ke Manado. Jika benar mantan birokrat itu diakomodir di Manado, maka kursi Bupati Minahasa berpindah ke Robby Dondokambey. Ada Denny Makisanti dan James Rawung yang bisa naik DB 2 B.

Sedangkan jika Angouw yang ditugaskan ke Manado, maka PDI Perjuangan harus mencari pengganti ketua dewan. Tiga nama kans. Yakni Rocky Wowor sebagai peraih suara terbanyak, Berty Kapoyos juga Toni Supit yang berada di struktural DPD PDI Perjuangan. Bursa Pilwako Manado diprediksi bakal diramaikan James Sumendap, Bupati Minahasa Tenggara.

123








Komentar