16 Mei 2019 09:53

Jepang Siapkan Kereta Peluru Alfa-X

Kereta peluru tercepat yang sedang diuji coba Jepang, Alfa-X. (JIJI PRESS/AFP/GettyImage)

Alfa-X dinilai bakal menjadi kereta peluru tercepat di dunia ketika meluncur pada 2030 mendatang. Namun, hal itu tidak akan menjadi kereta tercepat secara keseluruhan. Pasalnya, prestasi tersebut saat ini dimiliki oleh kereta Maglev di Shanghai, Tiongkok, dengan perolehan kecepatan hingga 600 km per jam.

Kereta Maglev sendiri mengacu pada sistem yang menggunakan mekanis Magnetik Levitation (Maglev) atau magnet yang melayang. Ya, kereta Maglev menggunakan magnet untuk melayang di atas rel sekitar 10 cm. Bloomberg mencatat bahwa Jepang juga akan membuka rute kereta Maglev-nya sendiri antara Tokyo dan Nagoya pada 2027 yang bisa melaju secepat 505 km per jam.

Soal kereta Maglev, Jepang sebelumnya juga sudah pernah melakukan uji coba tersebut. Japan Railway (JR) pernah melakukan uji coba dengan kereta yang juga diproduksi di Jepang dan mampu mencapai rekor kecepatan 603 kilometer per jam. Rekor tersebut tercatat pada 2015 silam.

Sebelum kereta baru diluncurkan pada 2030, Jepang juga berencana untuk meluncurkan versi baru dari kereta peluru Shinkansen dengan model N700S bersamaan dengan Olimpiade Tokyo 2020. Kereta baru Shinkansen N700S akan melaju pada kecepatan 290 km per jam yang sama dengan kereta peluru sebelumnya dengan nomor model N700 yang sudah ada di negara itu.

Bedanya, generasi terbaru kereta Shinkansen N700S pada 2020 akan lebih ringan, lebih hemat energi, dan akan lebih nyaman dengan ruang kaki yang lebih luas serta outlet listrik di kursi penumpang.

Kembali ke Alfa-X, dikutip dari Geek, ketika sudah dioperasikan pada 2030 mendatang, kereta Alfa-X akan masuk ke layanan perusahaan kereta api Jepang, JR East dengan 10 gerbong di setiap rangkaiannya. Ketika sudah beroperasi, JR East bakal menjalankan kereta peluru dengan kecepatan 360 km per jam. Atau sekitar 70 km per jam lebih cepat dari generasi terbaru Shinkansen yang beroperasi pada 2020.(gnr)

12








Komentar