02 Mei 2019 08:42
Baik untuk Kebugaran, Bikin Awet Muda

Merasakan Sensasi Terapi Oksigen Hiperbarik

SEHAT: Andrei Angouw, Hengky Wijaya, William Wibisono, Rocky Wowor, Edwin Lontoh, Kompol dr Faizal, wartawan Manado Post Marlon Sumaraw, saat berada dalam chamber untuk terapi oksigen hiperbarik. (Dok. MP)

Ingin sehat, bugar dan awet muda? Hyperbaric Chamber Oxygen Therapy (HCOT) jawabnya. Fasilitas kesehatan ini canggih. Hanya beberapa di Indonesia, termasuk di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sulut.

 

FASILITAS Chamber berada di samping kanan RS Bhayangkara. Sebelum SPN Karombasan. Halamannya tertata asri dan bersih. Di dalam gedung wajib steril. Wartawan koran ini mengikuti program HCOT bersama Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Owner Mantos & Four Points by Sheraton Manado Hotel Hengky Wijaya, Owner Quality Hotel Manado William Wibisono, Anggota DPRD Provinsi Sulut Rocky Wowor dan Edwin Lontoh, serta Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Kompol dr Faizal.

Sebelum memulai terapi, pasien harus melalui pemeriksaan dokter. Konsultasi dulu, apakah punya riwayat penyakit tertentu. Setelah itu, diukur tekanan darah. Atas dasar hasil pemeriksaan, barulah dokter memutuskan terapi bisa dilakukan atau tidak.

Pasien juga diwajibkan makan terlebih dahulu. Intinya, kondisi badan relatif fit. Sebelum masuk chamber, pasien diwajibkan mengenakan pakaian khusus. Seperti piyama. Hanya pakaian dalam yang tersisa. Semua aksesori, semisal kalung, gelang, arloji, alas kaki mesti ditanggalkan. Handphone tidak boleh dibawa masuk. 

Kemudian proses terapi dimulai. Pintu chamber dibuka, pasien disilakan masuk. Rasanya seperti masuk ke dalam pesawat atau kapal selam. Terdapat delapan tempat duduk di dalam chamber. Empat seats berhadapan. Di jejer kursi nomor ?1, Kompol dr Faizal, nomor 2 Andrei Angouw, nomor 3 William Wibisono, dan nomor 4 koran ini.

Di hadapan kami kursi nomor 5 Rocky Wowor, nomor 6 Edwin Lontoh, nomor 7 Hengky Wijaya, dan nomor 8, sang pemandu Finny Rumbayan. Di atasnya terdapat kaca kecil yang selang-seling terpasang CCTV dan TV kecil. Sembari terapi, pasien dihibur dengan film Hollywood. Maksudnya agar pasien tidak tertidur. Tutup mata boleh.

Ada dua pintu. Model pintu persis seperti di kapal laut. Pintu pertama untuk masuk dan keluar. Sedangkan satunya lagi, pintu darurat/emergency.

12








Komentar