24 Apr 2019 14:00

Wali Kota Tomohon: Lawan Dan Tolak Korupsi!

Jimmy Eman didampingi Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan memberikan cenderamata ke Budi Waluya. (Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi Terintegrasi 2019,  se-Sulut di Aula Rumah Dinas Wali Kota Tomohon, Selasa (23/4). Lewat kegiatan ini, ada evaluasi yang didapatkan lembaga antirasuah tersebut terkait Sistem Aplikasi Monitoring Center of Prevention(MCP) atau pencegahan korupsi. Untuk Sulut, dikatakan Pimpinan Tim Pencegahan KPK RI Budi Waluya SE MBA, rekapitulasi MSP Sulut di Tahun 2018 berada di angka  61 persen, naik dari capaian tahun sebelum yakni 58 persen.

"Indikator MCP Sulut secara keseluruhan berada di angka 61 persen. Dan raihan ini bisa dikatakan cukup baik. Ada perbaikan jika dibandingkan tahun lalu"ujar Waluya.

Waluya menambahkan, dari sistem pencegahan di Sulut sendiri memang masih banyak yang harus di kembangkan. Baik dari mekanisme sistemnya hingga penerapannya di lapangan.

"Lebih khususnya perencanaan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, perijinan dan masih banyak lagi yang perlu diperbaiki, soal kualitas SDM-nya saya rasa sudah cukup memadai," terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA mengungkapkan apresiasinya kepada KPK, atas kepercayaannya memilih Tomohon sebagai tuan rumah kegiatan sarat makna ini.

"Secara pribadi serta mewakili masyarakat Tomohon dan stakeholder terkait merasa bangga, Kota Bunga ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan iven ini. Pastinya, ajang ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kredibilitas pemerintah dalam melayani masyarakat. Menjauhkan bahaya laten korupsi dalam konteks pelayanan publik dan lainnya,” ungkapnya.

Eman mengajak semua pejabat yang berada di lingkup Pemkot Tomohon untuk menolak dan melawan korupsi."Dengan adanya pemikiran seperti itu, pasti dapat menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari praktik korupsi. Sehingga tujuan pembangunan nasional maupun daerah dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan tepat sasaran,"tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan, sejumlah perwakilan kepala daerah diantaranya, Bupati Minahasa Ir. Royke Roring MSi, Bupati Mitra James Sumendap, SH, Wakil Bupati Minsel Frangky Wongkar, Wakil Bupati Sitaro John Palandung,  Sekkab Minut Jemmy Kuhu dan pejabat lainnya.(tr-04/jul)









Komentar