24 Apr 2019 09:55

40 Aset Mobil Segera Dihapus

Gammy Kawatu

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dalam waktu dekat bakal segera menghapus sebanyak 40 aset roda empat (R4) atau mobil. Hal itu dikatakan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sulut Gammy Kawatu, Selasa (23/4).

 

"Jadi memang tahun ini, penghapusan aset hanya untuk kendaraan R4. Belum ada penghapusan aset tanah ataupun gedung. Dan pengusulan penghapusan itu melalui DJKN. Nanti diteruskan ke kita untuk dihapus. Yang pasti ini semua dari usulan perangkat daerah (peda) untuk penghapusan," katanya.

Sementara itu, pemerhati pemerintahan Dr Stefanus Sampe mengatakan, penghapusan aset memang harus dilakukan jika sudah tidak terpakai. Menurutnya, proses penghapusan aset ini tidak sederhana bagi instansi pemerintah. Karena konsekuensi penghapusan tersebut adalah membebaskan pengelola barang, pengguna barang, atau kuasa pengguna barang dari tanggung jawab administrasi.

"Memang harus diperiksa secara detail sebelum dihapus. Bukan bisa langsung dihapus. Semua butuh proses yang panjang. Harus diperiksa BPK serta instansi berwenang lainnya. Mengingat dampaknya yang begitu penting, penghapusan tersebut harus didasari oleh sebuah keputusan resmi dari pejabat yang berwenang," tuturnya.

Menurut Sampe, penghapusan tersebut didasari beberapa aspek yang secara regulasi memenuhi syarat. Antara lain, ada aset bergerak yang dihibahkan atau pemindahan tangan serta ada yang dimusnahkan karena sudah tidak terpakai.

"Kan kendaraan jika tidak dihapus, maka semua pajak serta biaya lainnya masih masuk ke APBD kita. Jadi kalau sudah akan dimusnahkan, maka harus dilakukan penghapusan. Agar data base pajak sudah jelas. Yang pasti, semua proses yang berjalan harus sesuai aturan," tutupnya. (tr-02/can)









Komentar