23 Apr 2019 09:31

Kabupaten/Kota Masuk Command Center Pemprov

Jeti Pulu

MANADOPOSTONLINE.COM—Tahun ini semua data yang ada di pemprov dan 15 kabupaten/kota akan disinkronkan melalui command center. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jeti Pulu, Senin (22/4).

 

"Jadi semua aplikasi atau sistem online yang ada di perangkat daerah (peda) baik lingkup pemprov, atau yang ada di 15 kabupaten/kota akan kita koneksikan dalam satu jaringan. Dan itu pusatnya ada di Command Center yang ditempatkan di Kantor Gubernur Sulut. Jadi jika gubernur ingin memantau semua data. Maka akan lebih mudah untuk dilihat karena semua sistem sudah terkoneksi," ucapnya.

Dengan terkoneksinya semua sistem dan aplikasi yang ada di pemerintah, maka akan mempercepat proses pengiriman dokumen serta evaluasi. Tidak perlu melakukan tatap muka serta bisa menghemat anggaran. Dan untuk mengkoneksikan aplikasi di semua daerah, maka pemprov bakal surati 15 kabupaten/kota untuk diwajibkan mengkoneksikan aplikasi tersebut.

"Kita akan surati mereka agar supaya semua aplikasi bisa terkoneksi. Itu agar bisa dengan mudah kita evaluasi dan pantau. Sistem ini juga akan sangat cepat, serta menghemat anggaran," ungkapnya.

Di sisi lain, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Edwin Silangen mengungkapkan, keberadaan Command Center memang sangat mendesak untuk mengintegrasikan data dari semua peda. Baik pemprov, atau juga yang ada di 15 kabupaten/kota.

“Command center ini fungsinya sangat vital. Apalagi soal pendataan yang memang harus ada wadah khusus yang menananganinya. Mudah-mudahan pengkoneksian ini bisa selesai secepatnya. Ini sangat penting untuk dituntaskan. Karena semua data dan sistem di masing-masing peda lebih mudah untuk kita pantau,” kuncinya. (tr-02/can)









Komentar