22 Apr 2019 09:18

OD Instruksikan Pengawasan Penerbangan Ditingkatkan

Olly Dondokambey

MANADOPOSTONLINE.COM—Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) menginstruksikan semua bandar udara yang ada di Sulut meningkatkan pengawasan terhadap engineering penerbangan. Hal itu diintruksikannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan pesawat ataupun masalah penerbangan lain.

"Ya pengawasan ini sangat penting untuk kita menjaga tidak adanya kecelakaan terhadap transportasi udara di Sulut. Dan ini hal wajib untuk ditingkatkan lagi pengawasan engineering terhadap penerbangan kita. Tidak boleh asal-asalan," ungkapnya kemarin (21/4).

Dirinya juga berharap semua pihak terkait, yang mengatur jalannya transportasi udara ini dapat berkoordinasi dengan baik. Serta pengecekan semua kelayakan pesawat, menurut OD, harus tetap dilakukan pihak yang berwenang.

"Semua harus benar diperiksa. Yang layak saja yang bisa terbang. Jadi saya juga minta agar pengawasan dan pengecekan harus ditingkatkan. Karena itu, semua pihak yang berwenang terhadap transportasi ini harus tetap menjaga koordinasi masing-masing. Tidak boleh ada yang sendiri-sendiri," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Daerah Sulut Lynda Watania mengatakan, pengawasan memang terus diingatkan bagi instansi terkait untuk terus dilakukan. Menurutnya, semua jenis pesawat yang masuk baik di Bandara Sam Ratulangi Manado ataupun di bandara yang ada di daerah kepulauan terus dipantau dan diperiksa.

"Kita menang terus berkoordinasi dengan instansi terkait dalam hal pemeriksaan kelayakan penerbangan. Dan itu menjadi hal utama. Ya baik kondisi pesawat ataupun cuaca memang menjadi hal yang harus diperhatikan. Jadi semua bandar udara di Sulut terus mendapatkan pengawasan dan pemantauan," kuncinya. (tr-02/can)









Komentar