20 Apr 2019 08:54

GNT Cegah Penyelewengan Anggaran

Gammy Kawatu

MANADOPOSTONLINE.COM—Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) Gammy Kawatu menekankan pentingnya Gerakan Non Tunai (GNT) dalam menghindari penyelewengan anggaran.

Menurutnya, gerakan yang sudah digalakkan dalam beberapa tahun terakhir, membuat pengelolaan keuangan semakin jelas transparan dan tepat sasaran.

"Ini harus bisa dipahami secara utuh oleh bendahara serta sekretaris yang ada dalam SKPD. Karena GNT ini penting untuk terus diterapkan dan menjaga agar tidak ada penyelewengan anggaran serta membuat tetap transparan. Apalagi kan sekarang dengan berjalannya APBD Pemprov Sulut. Maka pengelolaan keuangan secara non tunai menjadi hal yang wajib untuk dilakukan," tuturnya kemarin.

Saat ini juga, Kawatu mengatakan, dengan sistem transaksi non tunai maka pihaknya telah bekerja sama dengan BUMD. Kerja sama tersebut untuk menyempurnakan sistem transaksi agar supaya dalam penggunaan APBD bisa dilakukan secara cepat.

"Jadi sekarang, semua perangkat daerah akan menggunakan aplikasi kas daerah online versi 2.3. Dengan adanya aplikasi ini, maka transaksi antar bank akan cepat dilakukan. Sebelumnya untuk transaksi antar bank berjalan ribet dan memakan waktu. Itu juga berdampak terhadap serapan anggaran. Namun ingat, harus mampu dilakukan secara baik. Karena pengelola anggaran kita ini langsung diawasi beberapa pihak. Jangan sampai ini menjadi masalah," tegasnya.

GNT ini, menurutnya, merupakan instruksi yang diwajibkan pemerintah pusat. Karena itu, pengelola anggaran secara non tunai harus mampu diterapkan dengan menggunakan sistem yang cepat.

"Sekarang itu, dari keinginan presiden siapa yang melaporkan kasus korupsi, maka akan diberikan Rp 200 juta. Ini hal yang baik. Karena itu, gerakan non tunai ini akan mampu menangkal hal tersebut seperti korupsi dan penyelewengan lainnya terjadi. Saya ingatkan lagi, agar bendahara dalam SKPD, harus melakukan pengelolaan uang masuk dan keluar secara tercatat jelas dan transparan," tutupnya. (tr-02/can)









Komentar