18 Apr 2019 08:25
Vanda-FER-Hillary Ketat

Adriana-Jerry Kans Tembus Senayan

Peluang kursi selanjutnya ada di tangan Partai Golkar. Incumbent Jerry Sambuaga, dari data yang dirangkum Manado Post meraih suara signifikan. Putra Theo Sambuaga itu mendapat sumbangan suara dari Kota Tomohon, Minahasa, Nusa Utara, juga Bitung. Ini membuat Jerry Sambuaga kian aman untuk dapat tiket ke Senayan.

Kemudian perebutan sengit tergambar di tubuh Partai NasDem. Caleg milenial Hillary Lasut saling salib dengan politikus senior Felly Runtuwene. Siapa yang berhak mendapat kursi kelima ini akan dilihat pada hasil akhir nanti. Jika sebelumnya Hillary dijagokan di survei, namun peluang besar juga ada di tangan Felly.

Anggota DPRD Sulut ini mengejar dengan cepat perolehan suara putri Elly Lasut dan Telly Tjanggulung itu. Felly unggul di Manado dan Minahasa Utara. Kemudian di daerah lain, Felly raih suara yang cukup dominan.

Lalu siapa yang bisa meraih kursi terakhir untuk ke DPR RI? Seharusnya caleg yang diusung Partai Perindo. Sayangnya, partai besutan Hary Tanoesoedibyo itu dari hasil perhitungan cepat tidak mencapai parliamentary threshold (PT). Artinya, tak bisa mengutus wakil ke Senayan.

Ini membuka kesempatan bagi partai lain untuk merebut kursinya. Tersisa Partai Demokrat dan PAN. Demokrat didominasi suara EE Mangindaan, sementara di PAN ada Bara Hasibuan. PDI Perjuangan juga berpeluang menambah kursi. Suara Jantje Wowiling Sajow (JWS) bergerak cepat. Suara mantan Bupati Minahasa ini merata di 15 daerah di Sulut. Terutama di Minahasa Raya.

Sekretaris PDI Perjuangan Sulut Franky Wongkar mengatakan, hasil hingga tadi malam memang menunjukkan PDI Perjuangan bisa meraih tiga kursi. “Itu paling aman. Namun kita masih sementara menghimpun data dari 15 kabupaten/kota. Hasilnya belum diketahui pasti,” beber Wongkar.

123








Komentar