09 Apr 2019 10:36

Ini Nih Manfaat Jogging Untuk Kesehatan

Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM--Masyarakat saat ini mulai sadar untuk menjaga kesehatan. Salah satunya rutin berolahraga lari atau jogging yang dilakukan tiap pagi atau sore hari. Tapi tahukah Anda apa saja manfaat dari jogging?

Jogging memang olahraga yang sederhana dan murah. Anda tak membutuhkan alat khusus agar bisa lari. Sebab bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Setidaknya ada tiga manfaat sehat yang didapat dari olahraga jogging, dilansir jawapos.com dari Live Strong, Selasa (9/4).

1. Kesehatan Jantung

Jogging membantu memperkuat jantung dan paru-paru Anda. Saat Anda berlari, jantung Anda bekerja lebih keras untuk memberikan oksigen dan nutrisi penting ke tubuh Anda.

Seiring waktu, peningkatan beban kerja ini menjadikan kerja jantung dan sistem kardiovaskular Anda menjadi lebih efisien. The American Heart Association melaporkan bahwa jogging membantu mengendalikan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol sehat.

2. Menurunkan Berat Badan

Memasukkan jogging ke dalam rutinitas Anda tentunya bisa membantu Anda mengendalikan berat badan. Jumlah kalori yang Anda bakar dipengaruhi oleh intensitas dan durasi latihan Anda. Jika Anda baru memulai program menurunkan berat badan, maka menambahkan jogging dalam rutinitas Anda adalah cara yang efektif.

3. Kesehatan Tulang

Jogging adalah latihan menahan beban yang menguatkan  tulang yang sehat dan mengurangi risiko risik osteoporosis. Setelah usia 20-an, massa tulang cenderung menurun. Dengan jogging teratur akan membantu mencegah kehilangan massa tulang tersebut.(Jawapos)









Komentar