29 Mar 2019 14:58

Masih SMP, Hacker Muda Indonesia Bobol Situs NASA

Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM--Putra Aji Adhari, remaja yang masih SMP berhasil bobol situs NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat). Bukan hanya situs NASA, ia mengaku pernah membobol ratusan situs besar.

Dilansir kumparan dari sebuah video youtube, remaja 15 tahun tersebut mengaku meretas situs NASA hal yang paling mengesankan. Ia tidak menyangka bahwa dirinya dapat melakukan itu.

"Paling mengesankan adalah situs NASA, karena pada saat saya melakukan penetration testing itu di luar ekspektasi saya," katanya, seperti dikutip dari video channel YouTube Narasi.

Menurutnya, tidak mudah menjadi hacker yang mampu meretas situs NASA. Putra menjelaskan kesulitan itu lantaran banyaknya developer situs tersebut, bahkan hingga ribuan.

Putra menceritakan bahwa mulanya ia tertarik dengan dunia programming. Ketertarikannya itu lantaran terinspirasi dari beberapa pakar teknologi terkenal di dunia, Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Putra kemudian mencari tahu mengapa orang-orang seperti mereka bisa kaya-raya. Hingga akhirnya ia mengetahui bahwa tokoh-tokoh yang dikaguminya itu belajar pemrograman.

Diketahui bahwa Putra bukan berasal dari keluarga yang memiliki latar belakang dunia informatika. Terlebih, Putra menuturkan bahwa di sekolahnya tidak ada pelajaran komputer. Hal tersebut membuatnya belajar sendiri secara otodidak.

"Di sekolah saya tidak ada pelajaran komputer, karena sekolah saya madrasah. Sehari-hari saya tiap pulang sekolah main komputer dan juga kadang main game," katanya.

Dari kebiasaan main game itu, Putra mulai memikirkan bagaimana game itu bisa dibuat. Ia kemudian mencari tahu di mesin pencari. Setelah mencarinya, Putra kemudian mengetahui bahwa hal tersebut dilakukan dengan sistem pemrograman.(kumparan/mpo)









Komentar