20 Mar 2019 09:32

Pontoh Buka Sosialisasi PTKH di Bolmut

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Depri Pontoh membuka acara sosialisasi inventarisasi dan verifikasi PTKH di Kantor Bupati Bolaang Mongondow Utara, Rabu (20/3).

MANADOPOSTONLINE.COM--Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Depri Pontoh membuka acara sosialisasi inventarisasi dan verifikasi Pengiasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PTKH) untuk penyediaan Sumber Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di Kantor Bupati Bolaang Mongondow Utara, Rabu (20/3).

Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulut, BPKH WIL.VI Manado, Kanwil BPN Sulut dan BPSKL Makassar, serta dihadiri oleh Bupati dan Sekda Bolmut, tokoh Masyarakat, para Camat dan Sangadi serta tokoh masyarakat.

Untuk Bolaang Mongondow Utara terdapat alokasi 20 Desa yang masuk dalam Polygon Tora (kawasan hutan) dengan luasan sekitar 582,47 Ha. Setiap Desa diberikan Peta hasil liputan drone yang terdapat alokasi Tora, untuk mempermudah melakukan pendataan dan sketsa lokasi lampiran permohonan PTKH.

Kepala Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir. James L. Hutagaol menjelaskan bahwa tujuan program sesuai Perpres No 88 Tahun 2017  untuk menyediakan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) yang berasal dari kawasan hutan yang sudah terlanjur digunakan oleh pemda (fasum dan fasos) dan masyarakat.

Kegiatan sosiallisasi ini disambut baik oleh Bupati dan Bolmut serta jajarannya, dan Bupati memerintahkan langsung kepada jajarannya untuk menyelesaikan berkas permohonan Tora dipercepat paling lama 1 minggu.(mpo)









Komentar