09 Mar 2019 11:26

Video Letusan Merapi Masih Saja Dijadikan Hoax

Postingan video letusan gunung merapi masih saja dijadikan hoax.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM---Video tentang Gunung Merapi yang meletus beredar luas di media sosial sejak 5 Maret 2019. Video dengan durasi 30 detik itu memperlihatkan kepulan asap putih yang menjulang tinggi. Tampak juga beberapa orang berlarian menyelamatkan diri menuju kendaraan. Teriakan untuk tidak panik pun saling bersahutan. "Jangan panik-jangan panik!" ucap salah seorang di video itu.

Pemilik akun Instagram Rino Loebasa (@rino_loebasa) mem-posting video itu pada 5 Maret 2019 dengan disertai berbagai tagar. "#rinopunyacerita #gunungmerapi #erupsi #erupsimerapi. Gunung Merapi kembali erupsi membuat warga panik," tulis Rino.

Akun Twitter resmi milik Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (@BPPTKG) langsung mengklarifikasi bahwa kabar itu hoax. Sesuai pengamatan pada 5 Maret 2019 mulai pukul 00.00 hingga 14.00, tidak terjadi guguran awan panas. "Video tersebut bukan aktivitas Merapi pada 5 Maret 2019," tulis akun itu.

Memanfaatkan situs padanan gambar, video amatir tersebut diketahui pernah muncul di channel YouTube Iwank artcleo pada 11 Mei 2018. Judulnya, Video amatir, detik-detik erupsi gunung merapi, kepanikan terjadi saat evakuasi. Saat itu diperkirakan 120 pendaki berada di sekitar lereng Merapi. Tim relawan Barameru Merapi langsung melakukan penyisiran di jalur pendakian. Selengkapnya Anda dapat mengakses berita itu di link ini: bit.ly/LetusanFreatik.(jpg)









Komentar