05 Feb 2019 00:38

Ini Dia 6 Makanan Imlek yang Menjadi Simbol Keberuntungan

Ilustrasi makanan khas Imlek (Shopback)

MANADOPOSTONLINE.COM - Dalam tradisi warga Tionghoa, hidangan Imlek diyakini membawa hoki (keberuntungan). Makanan dianggap sebagai simbol yang mencerminkan keberuntungan selama setahun ke depan.  

Bicara soal hidangan saat Imlek, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan selain menunya. Seperti persiapannya, cara makan, dan makan dengan porsi banyak adalah bagian terpenting dari perayaan setahun sekali ini. 

Dilansir dari Chinahighlights, makanan yang harus ada ketika tahun baru Imlek adalah kue keranjang, ikan, lumpia, niangao dan masih banyak yang lainnya. 

Lantas, apa saja makna dari makanan tersebut?  

1. Ikan - Simbol Kemakmuran

Di China, ikan terdengar seperti 'surplus'. Orang China selalu ingin mengalami surplus di akhir tahun. Karena mereka berpikir jika berhasil menyelamatkan sesuatu di akhir tahun, maka mereka dapat menghasilkan lebih banyak di tahun depan. Ikan apa yang akan dihidangkan untuk pesta tahun baru dipilih berdasarkan pada homophonics yang baik. Misalnya, makan ikan mas saat Tahun Baru Imlek melambangkan keinginan untuk keberuntungan yang baik. Ikan lele atau Catfish yang berarti 'surplus tahun'. Jadi makan ikan lele adalah harapan akan surplus di tahun ini. 

2. Pangsit - Simbol Kekayaan

Dumpling atau pangsit adalah makanan Cina klasik. Hidangan tradisional ini menjadi salah satu sajian utama pada malam Tahun Baru Imlek. Legenda mengatakan bahwa semakin banyak kue yang dimakan selama perayaan tahun baru, maka semakin banyak uang yang dapat dihasilkan selama setahun kedepan. Dumpling umumnya terdiri dari daging cincang dan sayuran dipotong halus, yang dibungkus kulit adonan tipis dan elastis. Dumpling bisa dimasak dengan cara rebus, kukus, goreng atau panggang.

12








Komentar