25 Jan 2019 08:22

AIPI: Jaga Integritas Pemilu

SUMBANG IDE: Perwakilan akademisi, parpol, caleg, Bawaslu, KPU, LSM dan mahasiwa, usai diskusi 'Menjaga Integritas Pemilu 2019', Kamis (24/1). (Magdalena Utusan/MP)

Dia juga membeberkan temuan di lapangan terkait beda paham antara sesama penyelenggara dalam penertiban Alat Peraga Kampanye (APK).

Tidak ketinggalan Dolvie Angkow, dari Golkar, mengusulkan agar Bawaslu mengadakan pengawasan untuk masing-masing caleg. Menurutnya, banyak cara negatif yang dilakukan caleg untuk menang. Saat ini banyak caleg yang tidak mau berkampanye dan pasang APK.

Namun mereka itu yang memanfaatkan momentum sehari sebelum pencoblosan untuk bagi-bagi uang. “Banyak kepala lingkungan juga sudah diintimidasi agar bisa mengumpulkan suara tertentu. Kalau tidak jabatan bisa jadi taruhan,” bebernya.

Hal yang sama juga ditegaskan Melky Suawa dari Gerindra. Dia  mendesak ketegasan dari penyelengara. Dia mensinyalir banyak penyelenggara yang diduga tidak netral.

“Banyak caleg yang sudah langgar aturan tapi tidak ada penindakan, akhirnya pelanggaran itu terus dilakukan berulang-ulang,” katanya.

Lanjutnya, banyak parpol juga seolah-olah tidak siap mengikuti kompetisi. “Karena masing-masing parpol harus capai 4 persen sebagai syarat parliamentary threshold maka banyak parpol yang mengambil pemain atau kader dari parpol lain,” jelasnya.

Edwin Assa dari Nasdem, mengimbau caleg agar bersaing secara sehat. Untuk itu, dia menekankan perlu membangun komitemen bersama bagaimana menangkal money politics.

Sementara itu, Alan Berty Lumempow dari Garda Tipikor Sulut mengatakan, masalah integritas tidak hanya sebatas pada money poltics. Integritas juga bisa menguji apakah janji-janji para caleg saat ini bisa dibuktikan atau tidak.

Diketahui diskusi yang dipandu moderator Raymon Pasla dari KPI Sulut ini turut dihadiri Karo Umum Pemprov Sulut Clay Dondokambey dan Jusuf Wowor dari KPU Manado. Narasumber yang dihadirkan di antaranya Toar Palilingan, Trilke Tulung, Jhony Lengkong, Maxi Egeten dan Donald Monintja. (ctr-04/can)

12








Komentar