13 Agu 2018 15:07

Andikpas Bisa Belajar Bahasa Inggris dan Wirausaha

Berawal dari LPKA Tomohon, Punya Harapan Siap Bekali Warga Binaan. (Dok Lapas)

MANADOPOSTONLINE.COM — Masa depan Anak Didikan Pemasyarakatan (Andikpas) dijamin cerah. Para alumni yang pernah studi di Inggris dan Australia, berkomitmen memberikan perhatian penuh bagi Andikpas Tomohon yang akan menghadapi kehidupan saat kembali bermasyarakat.

Founder Punya Harapan Andress Hamenda menyebutkan, program yang bakal dilaksanakan di 34 provinsi ini, digadangkan pertama kali di Sulut. “Sulut menjadi yang pertama, sebagai pilot project pelaksanaan dan LPKA Tomohon menjadi awalnya,” sebutnya di LPKA Tomohon, Sabtu (11/8). “Kami diperkuat jaringan alumni pelajar di Inggris dan Australia. Tim ini sudah mumpuni di bidangnya. Mereka berlatarbelakang sebagai dosen dan praktisi bisnis,” tambahnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulut Edy Hardoyo menyebutkan, ini salah satu peran masyarakat dalam memberikan perhatian bagi Andikpas. “Tiga komponen penting dalam pembinaan di LPKA yakni anak, LPKA itu sendiri dan tentunya masyarakat. Dengan pembekalan seperti ini, mereka bisa lebih siap menjalani dunia di luar LPKA, dengan kemampuan berbahasa Inggris, komputer, kewirausahaan yang diterima,” tandasnya.

Kalapas LPKA Tomohon Tjahja Rediantana menuturkan, untuk peserta sudah diseleksi. “Syarat terpenting Andikpas yang akan masuk dalam program ini, yaitu masa hukuman minimal dua tahun, mengingat ini program berkepanjangan,” tandasnya. (rgm/gnr)









Komentar