01 Jul 2014 01:59

India Luncurkan Roket Berbiaya Murah

ilustrasi

BANGALORE - Warga India boleh berbangga hati. Kemarin (30/6) roket yang dibuat negeri tersebut berhasil meluncurkan lima satelit asing.

Yakni, dua milik Kanada serta masing-masing satu milik Prancis, Singapura, dan Jerman. Peluncuran dilakukan di pusat peluncuran Sriharikota di wilayah selatan Negara Bagian Andhra Pradesh.
 
"Saya telah mendengar tentang film Gravity. Menurut saya, biaya peluncuran roket India ke luar angkasa kurang dari uang yang diinvestasikan pembuatan film Hollywood," ujar Perdana Menteri India Narendra Modi saat melihat peluncuran kemarin. Meski begitu, Modi tidak mengungkapkan nominal pastinya.
 
India menjadi salah satu pemain utama dalam pasar luar angkasa yang berbiaya miliaran dolar. Mereka telah menandatangani beberapa misi peluncuran ke luar angkasa. India juga mengumumkan rencananya untuk meluncurkan satelit tanpa awak ke Mars.

Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV) yang dipakai dalam peluncuran sebelumnya telah berhasil meluncurkan 67 satelit. Sebanyak 40 di antaranya adalah milik negara asing. (jpnn)









Komentar