12 Feb 2018 11:31

Sepanjang 2018, Sudah 1229 Warga Kena Tilang

Ilus

BANYAK pengendara masih lalai dalam urusan berlalu lintas. Tata tertib lalu lintas masih sering diabaikan. Alhasil, kepolisian sering memberikan sanksi tilang bagi warga yang sering beroperasi di pusat Kota Manado.

Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polresta Manado mencatat, sepanjang tahun 2018, ada 1.229 tilang diberikan kepada pengendara. “Jumlah itu selang Januari Februari,” ungkap Kasat Lantas Polresta Manado Kompol Marganda Aritonang, saat ditemui di Mapolresta akhir pekan lalu.

Sementara itu, untuk tahun 2017, Aritonang membeber, total tilang yang diberikan ada 10.050. Dia menambahkan, pemberian tilang kebanyakan karena pengendara tidak melengkapi kendaraan dengan surat-surat atau dokumen penting. “75 sampai 80 persen karena kendaraan yang digunakan tidak dilengkapi dokumen sahnya. Berupa STNK juga SIM untuk pengemudi. Yang sebagian karena pelanggaran kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, spion, parkir sembarangan, lawan arah dan sebagainya,” ujarnya.

Untuk itu, Aritonang mengajak pengendara yang sering beroperasi di Kota Manado untuk lebih taat berlalu lintas. “Taat lalu lintas demi keselamatan kita bersama kan. Jadi saya harap masyarakat sebelum berkendara, sebaiknya cek kelengkapan dokumen seperti SIM dan STNK. Juga kelengkapan kendaraan yang digunakan, serta patuhi rambu-rambu lalulintas, marka jalan. Juga harus selalu bertoleransi dengan pengguna jalan lain,” pungkasnya. (ran/gnr)









Komentar