14 Sep 2018 13:31

Warga Mampu di Boltim Masih Terima Rastra

MyPassion
Rudy Malah

MANADOPOSTONLINE.COM — Daftar nama penerima bantuan sosial (bansos) beras pra sejahtera (rastra) di Boltim belum valid. Buktinya ada beberapa nama-nama yang sudah tidak layak menerima masuk dalam daftar penerima. Seperti Sangadi Togid Aldy Makalungsunge yang dianggap mampu, tapi masih menerima rastra.  

Kepala Dinas Sosial Boltim Rudy Malah tak menampik adanya hal tersebut. "Memang benar, saat ini Dinsos sedang melakukan verifikasi data penerima rastra dan ditemukan tujuh Kepala Keluarga (KK) yang sudah tidak layak lagi menerima tapi di daftar namanya masih ada," sebutnya.

Untuk nama sangadi, lanjut dia, dikarenakan masih menggunakan data yang lama. "Kenapa nama sangadi masih ada, karena itu masih data 2015, saat itu dia (sangadi,red) masih menjabat sebagai kepala dusun yang dianggap pantas menerima bantuan tersebut. Karena data belum ada yang baru jadi hingga 2018 nama tersebut masih belum berubah," jelasnya.

Dia mengakui, jika hal tersebut menjadi salah satu temuan dari Dirjen Kemensos pada pekan lalu. "Tapi Dinsos sudah menindak lajuti temuan tersebut. Karena untuk mengganti penerima harus dilakukan Musdesa yang  berita acaranya harus ditandatangani oleh sangadi, masyarakat dan BPD," tambahnya.

Terpisah, Makalungsenge ketika dikonfirmasi menegaskan, jika rastra tersebut sudah tidak diambilnya lagi.  "Ini tinggal persoalan administratif saja ada nama saya. Tapi jatah saya diberikan kepada masyarakat saya yang layak menerima. Karena saya sudah tidak mengambilnya lagi," tegasnya.

Dia pun memastikan, akan memberikan data terbaru kepada Dinsos untuk tahap verifikasi. "Dinsos akan memilah, nama-nama mana saja yang tidak layak menerima rastra," tukasnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar