14 Sep 2018 12:17

Warga Kurang Mampu di Sangihe Segera Terima Bantuan

MyPassion
Tadjudin Sainkadir

MANADOPOSTONLINE.COM — Warga pesisir pulau terluar dan perbatasan antar negara mulai mendapat perhatian pemerintah daerah. Buktinya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, bekerja sama dengan Kementerian Sosial, segera menyalurkan bantuan bagi masyarakat miskin di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Nusa Tabukan (Nustab) dan Kecamatan Tatoareng.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan penghasilan bagi keluarga miskin, yang akan memberikan bantuan kubus bagi masyarakat yang ada di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Nustab dan Kecamatan Tatoareng,” sebut Kepala Dinsos Sangihe Tadjudin Sainkadir saat dikonfirmasi, Kamis (13/9) kemarin.

“Mereka akan diberikan berupa bantuan stimulan usaha yang telah beberapa kali dilakukan verifikasi dan validasi oleh Dinsos kabupaten, provinsi dan terakhir kementerian,” kata Sainkadir sembari menyebutkan anggarannya bersumber dari APBD yang dikhususkan bagi 400 KK di Kecamatan Nustab dan Tatoareng.

Dijelaskanya, usaha yang akan disalurkan ini tergantung dari potensi yang ada di tiap wilayahnya masing-masing. Kemungkinan usaha tersebut usaha produktif perikanan. “Untuk usahanya itu sendiri tergantung dari potensi lokal yang ada, yang dominan di daerah pesisir palingan usaha produktif perikanan, dikarenakan selama ini setelah dilakukan verifikasi usaha produktif perikanan yang sering ditemui,” jelas Sainkadir.

Dia menuturkan, usaha ini jikalau dilakukan secara sendiri-sendiri akan mengeluarkan biaya tinggi, untuk itu ia sarankan agar dilakukan secara berkelompok. 40 kelompok bisa terdiri dari 10 orang per kelompok. “Dengan terlaksananya program ini, kami berharap akan mengurangi angka kemiskinan bagi masyarakat,” pungkasnya. (wan/gnr)

Kirim Komentar