14 Sep 2018 15:23

Rompas: Hanya Lima Titik Pemasangan APK di Manado

MyPassion
Sunday Rompas

MANADOPOSTONLINE.COM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado melaksanakan rakor dengan stakeholder terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) dalam pelaksanaan kampanye  pemilu tahun 2019 di Kota Manado, Kamis (13/9). Terlihat hadir Bawaslu Manado, Polres Manado, Satpol PP, dan Dinas Lingkungan Hidup. Ketua KPU Manado Sunday Rompas mengatakan, rakor itu diadakan untuk mengakomodir usul dan saran dari stakeholder mengenai titik-titik lokasi penempatan APK.

“Agar nanti ada kebaikan, ketertiban, kelancaran, dan keindahan saat kampanye, serta sesuai regulasi,” ujar Rompas. Dalam rakor tersebut juga belum ada keputusan pasti mengenai titik-titik lokasi pemasangan APK. "Belum ada keputusan. Karena ini dari Dinas Perkim belum bisa hadir sehingga keputusan pasti nanti pada pembahasan berikut. Saat ini kami masih mengacu pada titik-titik lokasi pemilu sebelumnya," tuturnya.

Rompas menambahkan rencana ada lima titik lokasi pemasangan APK baliho di tingkat Kota Manado diantaranya Winangun, Malalayang, Boulevard, Tuminting, dan Kairagi. Sedangkan 20 titik pemasangan spanduk, tersebar di 11 kecamatan di Kota Manado. APK bisa dipajang setelah 23 September di titik-titik yang sudah ditentukan.

Sementara itu Pimpinan Bawaslu Divisi Data, SDM, dan Informasi Heard Runtuwene membenarkan saat ini belum boleh ada kampanye. Seperti pemasangan APK. Nanti 23 September. Berdasarkan UU Nomor 7 tahun 2017 untuk pencitraan diri dibolehkan, asalkan tidak mencantumkan logo partai dan nomor urut. “Ada beberapa spanduk dan baliho yang sudah kami tertibkan. Hal ini karena mereka menggunakan logo partai. Untuk spanduk atau APK lainnya yang sudah terpasang atau curi start, bersama Satpol PP dan kepolisian sudah kami tertibkan," bebernya.(ctr-04/gel)

Kirim Komentar